Gempa Magnitudo 4,4 Guncang Morotai, Tidak Berpotensi Tsunami

  • Bagikan
Lokasi pusat gempat di Pulau Morotai (Foto: BMKG)

DARUBA – Kabupaten Pulau Morotai sekira pukul 14:15 WIT tadi diguncang gempabumi tektonik dengan kekuatan magnitudo 4,4.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan hasil analisis menunjukkan bahwa gempabumi berlokasi episenter berada pada koordinat 2.03 LU dan 128.36 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 7 km arah Tenggara Daruba, pada kedalaman 39 km.

“Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar lokal,” kata Kepala Stasiun Geofisika Ternate, Kustoro Hariyatmoko dalam keterangan tertulis yang diterima KabarMalut, Rabu (1/5/2019).

Berdasarkan laporan dari masyarakat, lanjut Kustoro, dampak gempabumi berupa guncangan dirasakan di daerah Daruba Pulau Morotai dan Tobelo Kabupaten Halmahera Utara (Halut) dengan intensitas II-III MMI.

“Hingga pukul 14.50 WIT, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock),” jelasnya.

Gempabumi tersebut tidak berpotensi tsunami, masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg),” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut