Peradi Desak Kejari Segera Lidik Dugaan Penyalahgunaan DBH Pajak Rokok

  • Bagikan
Ketua DPC Peradi Kota Ternate, Muhamad Konoras (Foto: Yasim/KabarMalut)

JAILOLO – Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Kota Ternate, Muhamad Konoras mendesak Kejaksaan Negeri (Kejari) Halmahera Barat (Halbar) mengambil langka hukum terkait desakan DPRD Halbar untuk menulusuri dugaan penyalahgunaan Dana Bagi Hasil (DBH) Pajak Rokok di Dinas Kesehatan Halbar sebesar Rp 2 miliar lebih tahun 2018.

“Kejari Halbar sudah harus memulai langkah-langkah hukum dalam bentuk penyelidikan agar membuat terang peristiwa hukum terkait dengan kasus penggunaan DBH Pajak Rokok di Dinkes Halbar tersebut, ” kata Muhamad Konoras kepada wartawan, Rabu (1/5/2019).

Harus segera melakukan penyelidikan terhadap kasus tersebut, bukan membiarkan pasca berjanjian ke publik melalui media.

“Jangan sampai dugaan kasus ini dibiarkan berlarut-larut terlalu lama, justeru dikhawatirkan terjadi upaya-upaya yang bisa menghambat proses penyelidikan oleh kejaksaan seperti upaya menghilangkan alat bukti,” ujarnya.

Kasus penyalahgunaan DBH Pajak Rokok Dinas Kesehatan ini pernah disuarakan oleh DPRD Halbar agar Kejaksaan segera mengusutnya, tetapi hinga kini belum ada langkah ke arah penyelidikan.

“Tidak alasan lain bagi Jaksa, maka harus segera melakukan penyelidikan,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut