Pleno KPU Halbar Berlangsung Aman dan Lancar

  • Bagikan
Ketua KPU Kabupaten Halmahera Barat, Abjan Raja (Foto: Surahman/KabarMalut)

JAILOLO – Pleno Perhitungan dan Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu 2019 tingkat Kabupaten yang dilaksanakan KPU Halmahera Barat (Halbar), berlangsung aman dan lancar. Hasil dua kecamatan yang selesai dipleno yakni Kecamatan Ibu dan Kecamatan Ibu Utara, berlangsung tanpa masalah.

“Yang jelas hari kedua ini, pleno rekapitulasi surat suara perolehan perhitungan Pilpres dan Pileg berjalan dengan aman dan hasilnya sudah sesuai dengan perhitungan penyelenggara tingkat bawah,” kata Ketua KPU Halbar, Abjan Raja kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (2/5/2019).

Menurutnya, bahkan tidak ada masalah dalam perhitungan perolehan suara mulai dari Presiden sampai dengan Pileg tingkat Kabupaten. Namun terdapat pula kesalahan ada ministrasi dalam pengisihan daftar pemili, khusunya DPK.

“Masalahnya seperti veritifikasi di DPTb dan DPK di pengisian kolomnya, yang seharusnya masuk di DPK tetapi masuk di DPTb dan kesalahan ini berangkat mulai dari penulisan formulir C1 dari penyelenggara tingkat bawah KPPS,” ujarnya.

Lanjutnya, dari itulah pihaknya mulai dari pleno kecamatan sampai dengan tingkat kabupaten, semua itu harus dilakukan perbaikan. Disamping itu pihaknya melakukan sanding data untuk para saksi-saksi dan Bawaslu, pada C1 dan DA1.

“Tentunya jika ada kesalahan-kesalahan penulis kita akan memperbaiki. Sehingga naik ke provinsi itu sudah bersih dan tidak ada masalah lagi,” jelasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut