Vicon dengan Mabes Polri, Polda Malut Laporkan Pengamanan Pemilu dan Persiapan Idul Fitri

  • Bagikan
Kapolda Maluku Utara, Brigjen Pol Suroto bersama para Pejabat Utama saat Vicon dengan Mabes Polri (Foto: Humas Polda)

TERNATE – Jajaran Polda Maluku Utara (Malut), menggelar video conference (Vicon) dengan Mabes Polri, melaporkan perkembangan pengamanan Pemilu 2019 dan persiapan pengamanan Idul Fitri 1440 hijriah di wilayah Malut.

Kapolda Malut, Brigjen  Suroto mengatakan dalam pembahasan vicon tersebut terdapat dua topik yang telah dibahas, pertama berkaitan dengan pengamanan Pemilu yang kini dalam tahap pleno tingkat kabupaten/kota  dan provinsi. Polda Malut melaporkan ke Mabes Polri bahwa untuk pleno situasi Kamtibmas di wilayah Malut masih kondusif.

“Belum ada kejadian yang menonjol sehingga mengakibatkan atensi khusus akan dijaga sampai pleno tingkat provinsi terhadap situasi Kamtibmas. Pleno di Maluku Utara berjalan dengan aman dan lancar baik dari peserta maupun penyelenggaran,” kata Suroto kepada KabarMalut usai Vicon di Mapolda Malut, Selasa (7/5/2019).

Polda Malut menyampaikan kepada para tokoh-tokoh agar sama-sama dapat menjaga Kamtibmas serta melakukan imbauan kepada masyarakat untuk menunggu pengumunan resmi  hasil Pemilu 2019 dari KPU RI.

“Selain itu baik dari TNI-Polri juga akan tetap menjaga KPU dan Bawaslu terutama logistik tetap dijaga,” ungkapnya.

Sementara terkait rencana pengamanan hari raya Idul Fitri 2019, dimulai dari Operasi Ketupat yang mana diprioritaskan pada Polda yang lebih banyak jalur mudik. Seperti halnya di Sumatera, Lampung, Banten, Jakarta, Jawa Tenggah, Jogja, Jawa Timur hingga Bali.

“Tapi Polda Malut akan tetap lakukan Operasi Imbangan, operasi sendiri dilakukan selama 12  hari hingga H-3 Idul Fitri,” jelasnya.

Jajaran Polda Malut juga akan membangun pos pengamanan untuk masyarakat yang melakukan hari raya, Polisi akan menjaga keamananya agar masyarakat dapat menjalankan sholat dengan aman, tertib dan nyaman.

“Tentu pos yang akan ditetapkan mulai dari Pelabuhan, Bandara tempat wisata dan juga dilihat daerah mana yang banyak mudiknya maka diproritaskan untuk penjagaanya,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut