Penanganan Kecurangan Pemilu di Halsel Jalan di Tempat

Redaksi
Kantor Bawaslu Kabupaten Halmahera Selatan (Foto: Bud/KabarMalut)

LABUHA – Penanganan kasus dugaan kecurangan Pemilihan Umum (Pemilu) di Halmahera Selatan (Halsel) yang ditangani Bawaslu, hingga kini jalan di tempat. Padahal laporan terhadap Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada lima kecamatan itu sudah dua pekan masuk di meja Bawaslu Halsel.

Lima PPK yang diduga melakukan kecurangan Pemilu dengan cara mengubah angka perolehan suara para Caleg di form DA1 yaitu PPK Bacan, PPK Mandioli Selatan, PPK Joronga, PPK Obi Utara dan PPK Obi Selatan. Lima penyelenggara tingkat kecamatan ini dilaporkan oleh beberapa peserta Pemilu dan Caleg pasca pungut hitung.

Koordinator Gakkumdu Halsel, Asman Jamil dikonfirmasi mengaku hasil rapat dari Gakkumdu saat ini laporan tersebut masih dalam tahap pembahasan untuk dikembangkan pada tapan penyelidikan. Dugaan kecurangan Pemilu yang dilakukan PPK kini masih dalam proses.

“Gakkumdu terus mendalami masalah tersebut,” kata Asam ketika dikonfirmasi melalui telepon, Senin (20/5/2019).

Kasus yang ditangani pihal Gakkumdu Halsel ini bisa dibilang cukup lambat karena laporannya sudah kurang lebih dua pekan tapi penanganannya masih dalam tahap pertama. Setelah melalui proses pembahasan pertama yang dilakukan Gakkumdu kemudian dilanjutkan pada pembahasan kedua.

Dalam pembahasan kedua itu Gakkumdu akan menentukan, apakah kasus kecurangan Pemilu yang dilakukan lima PPK tersebut dilanjutkan pada tahap berikut atau dihentikan. Penentuan dilanjutkan atau tidak kasus yang melibatkan penyelenggara di lima kecamatan ini ditentukan dalam kesimpulan pada pertemuan kedua yang dijadwalkan pekan ini.

“Pembahasan pertama itu untuk dikembangkan SOP-nya begitu. Dalam pembahasan kedua itu nanti dibicarakan bersama, apakah masalah ini dihentikan atau dilanjutkan itu nanti ada kesimpulannya,” ujar Asman yang juga Kordiv Hukum Pengawas dan Penindakan Bawaslu Halsel.

Jadi misalkan kata Asman, masalah ini dilanjutkan berarti Gakkumdu mengeluarkan rekomendasi ke Penyidik Polres Halsel untuk ditindak lanjuti. Selain itu, pihaknya tidak mau berkesimpulan terkait nasib para PPK yang diduga telah melakukan kecurangan tersebut.

“Belum bisa berkesimpulan,” pungkas Asman. (Ajo)

Hak Cipta KabarMalut