Polsek Taliabu Barat Lidik Kebakaran Kebun Warga Desa Onemay

  • Bagikan
Upaya pemadaman kebakaran kebun cengkeh di Desa Kilong, Kecamatan Taliabu Barat (Foto: taliabukab.go.id)

BOBONG – Polsek Taliabu Barat telah menyelidiki kasus kebakaran kebun yang menghanguskan sekitar 250 pohon cengkeh produksi milik Warga Desa Onemay Kecamatan Taliabu Barat Laut, pada 4 April lalu.

Kanit Reskrim Polsek Taliabu Barat, IPTU Lessy Manuaya mengatakan dua korban pemilik kebun cengkeh sebanyak 250 pohon masing-masing yaitu atas nama La Rau dan La Saha, warga Desa Onemay Kecamatan Taliabu Barat Laut melaporkan kasus ini karena mediasi dengan terduga pembakaran tidak membuahkan hasil.

“Kejadian tanggal 4 April lalu dimana kasus tersebut telah ada upaya mediasi oleh Pemerintah Desa setempat. Namun berbuntut, sehingga saat ini telah ditangani Polsek dan masih dalam proses penyelidikan,” kata  Lessy kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (21/5/2019).

Kedua korban memiliki tanaman cengkeh produksi usia 10-15 tahun berkisar 250 pohon, diduga dibakar oleh salah satu warga dari Desa Nggele berinisial LA saat membuka kebun baru.

Pembukaan kebun baru seluas satu hektar milik terduga berawal tanggal 30 Maret menjelang shalat magrib, mengantisipasi jangan sampe api menyebar terduga dibantu oleh sejumlah warga dari Desa Nggele dan 5 warga Dusun Bawang. Namun pembakaran hanya sempat terbakar setengah hektar karena menurut terduga pembakaran lahan kebun itu terjadi kurang bagus, sehingga setengahnya lagi  belum terbakar.

“Sejak pembakaran tanggal 30 Maret sampai tanggal 3 April itu, si terduga memilih tidur jaga kebun, sambil memastikan api benar-benar padam, kemudian pada 3 April terduga pun memilih pulang ke kampung setelah memastikan api telah padam. Namun 4 April kebun warga Desa Onemay yang berbatasan dengan terduga terbakar dan menghanguskan 250 pohon cengkeh produksi,” jelasnya.

Beruntun, saja kejadian ada saksi yang melihat dan cepat memberitakan ke warga di kampong sehingga sama-sama memadamkan sebelum menjalar ke kebun warga lainnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut