Polda Malut Imbau Jajaran Kasat Reskrim Petakan Zona Rawan dan Tingkatkan Penjagaan

Yasim Mujair
Direktur Reskrimum Polda Maluku Utara, Kombes Anton Setyawan (Foto: Yasim/KabarMalut)

TERNATE – Menjelang hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah tahun 2019, Polda Maluku Utara (Malut), mengingstruksikan seluruh jajaran Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) agar melakukan pemetaan zona rawan pencurian dan perampasan serta meningkatkan penjagaan pengamanan.

“Pemetaan zona rawan tersebut, ada di beberapa lokasi baik pusat pertokoan, terminal, mall, pelabuhan laut dan udara,” kata Direktur Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Malut, Kombes Anton Setyawan kepada wartawan, Minggu (26/5/2019).

Ia menunturkan, Kasat Reskrim untuk tetap memantau mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang tersebar di wilayah Malut, agar jelang lebaran tidak ada yang melakukan pencurian atau perampasan di tempat-tempat keramaian.

“Saya perintahkan kepada seluruh Kasat Serse untuk lebih memfokuskan pengamanan di tempat-tempat keramaian tersebut, guna menghindari aksi pencopetan dan kejahatan lain yang tidak kita inginkan bersama,” tegasnya.

Ia juga menambahkan, untuk mengenali ciri-ciri pencopet agak sulit, karena itu anggota yang ditempatkan harus tidak menggunakan baju dinas sehingga bisa menggagalkan aksi tersebut.

“Saya ingatkan untuk para kasat Serse untuk lebih fokus dalam hal pengamanan dengan menempatkan anggota yang tidak menggunakan pakaian dinas, guna menghindari copet, penipuan dan sebagaimana,” katanya.

Atas nama Kapolda Malut, ia menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan di lingkungan sekitar dengan tidak menggunakan perhiasan yang mencolok ketika berada di lokasi keramaian termasuk pusat pertokoan.

“Saya himbau untuk selalu awas diri, dan kalau-pun pergi jangan mengundang kesempatan orang untuk berpikir jahat dengan menggunakan kalung mas yang mencolok,” pungkasnya. (Ajo)

Hak Cipta KabarMalut