Dikbud Halut Audisi Gita Bahana Nusantara

  • Bagikan
Peserta Audisi Gita Bahana Nusantara tahun 2019 (Foto: Ronald/KabarMalut)

TOBELO– Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Kabupaten Halmahera Utara (Halut), menggelar Audisi Gita Bahana Nusantara tahun 2019. Kegiatan yang dipusatkan di Gedung Dian Vista Tobelo resmi dibuka Kepala Dikbud Halut, Suwarno TongoTongo.

Pada sambutanya, Suwarno mengatakan kegiatan ini sebagai salah satu upaya dalam rangka pemberdayaan masyarakat untuk dapat mengapresiasi seni dan budaya.

“Tujuan kegiatan ini agar generasi muda dikalangan pelajar tumbuh rasa nasionalisme, bangga akan persatuan dan kesatuan,” kata Suwarno, Senin (27/5/2019).

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 30 perserta dari utusan pelajar sekolah dan umum di Kota Tobelo, untuk dipilih sebanyak 4 orang yakni, 2 laki-laki perwakilan suara tenor dan 2 perempuan perwakilan suara sopran dan alto, untuk mewakili Halut di tingkat Provinsi Maluku Utara (Malut).

Suwarno menambahkan apabilah berhasil menang di tingkat provinsi, akan dilanjutkan untuk mewakili Malut, ke tingkat Nasional dan bergabung dengan tim paduan suara Gita Bahana Nusantara dari 34 provinsi yang akan, tampil pada upacara Kemerdekaan 17 Agustus di Istana Merdeka Jakarta.

“Kegiatan ini merupakan audisi untuk meningkatkan kualitas seni dan budaya daerah agar bisa berolah vokal, membaca notasi dan untuk penguatan perilaku karakternya lebih besar,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebudayaan Dikbud Halut, Hukum Abdul Gafur mengatakan untuk hasil, audisi dari peserta Gita Bahana Nusantara 2019, yang berhasil masuk dalam 4 besar mewakili kategori suara sopran, Alto, Tenor dan bass dari Kabupaten Halut dan akan melanjutkan ke tingkat Provinsi.

“Untuk nama-nama yang melanjutkan ke tingkat Provinsi yakni, Yuliana Gobuino (Sopran), Esla Popoko (Alto), Maikel Mamarodi (Tenor) dan Edgard Paat (Bass),” tuturnya.

Untuk diketahui, pada kegiatan Gita Bahana Nusantara 2019 juga, dihibur Nyanyian Nusantara, oleh para Alumni Gita Bahana Nusantara Angkatan 2009, 2010, 2012, 2013, 2015, 2016, 2017 dan 2018. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut