Bandara Sultan Babullah Ternate Buka Posko Angkutan Lebaran

  • Bagikan
Kepala UPBU Kelas II Sultan Babullah Ternate, Chairul Humam (tengah) (Foto: Yunita/KabarMalut)

TERNATE –  Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas II Sultan Babullah Ternate, Maluku Utara (Malut) mendirikan Posko Angkutan Lebaran (Angleb) 2019 yang terpusat di area Bandar Udara Sultan Babullah Ternate. Pendirian Posko ini sesuai dengan instruksi Menteri Perhubungan dimulai 29 Mei hingga 13 Juni 2019.

Posko Angleb 2019 Bandara melibatkan beberapa steakholder dari sisi keamanan yakni TNI/Polri, Basarnas, Kesehatan Pelabuhan, Karantina beserta Perusahan Airlines.

Kepala UPBU Kelas II Sultan Babullah Ternate, Chairul Humam menjelaskan Posko Angkutan Lebaran nantinya akan dibuka setiap hari mulai pukul 07:00 hingga opersional penerbangan selesai. Meski delay pada keberangkatan dan kedatangan, posko akan tetap dibuka untuk melayani terkait informasi-informasi yang dibutuhkan oleh para pengguna transportasi udara.

“Terkait penambahan rute penerbangan sejauh ini belum ada penambahan dan masih sesuai dengan schedule yang ada, karena belum ada yang mengajukan extra flight atau penambahan dari sisi penambahan komersil maupun perintis,” kata Chairul kepada sejumlah wartawan, Selasa (28/5/2019).

Menurut Chairul, saat ini lonjakan penumpang belum bisa diprediksi karena biasa nampak pada H-7 dan H+7 lebaran. Jika dibandingkan dengan tahun 2017 dan  2018 lonjakan penumpang menurun.

“Saat ini belum ada lonjakan penumpang dan masih stabil dan prediksinya akan ada lonjakan pada kedatangan pada tanggal 1 dan 2 Juni 2019. Sedangkan untuk keberangkatan diprediksi hanya pada rute tujuan Morotai, Labuha dan Buli,” jelasnya.

Sementara terkait dengan tarif batas atas dan tarif batas bawah tiket pesawat, sejauh ini terpantau di setiap airlines menjual dengan harga sesuai, tidak melebihi tarif batas atas ataupun mengurangi dari tarif batas bawah, hal tersebut sesuai dengan Permen nomor 106 tahun 2019.

“Nanti dari Absek yang standby sekitar 70 personel secara bergiliran akan melakukan operasional seperti biasanya terutama di posko dan nantinya back up oleh Basarnas, Kepolisian, KP3 Udara, TNI,” tambahnya.

Untuk minat pengguna transportasi udara, saat ini masih normal meski isu yang berkembang terkait harga tiket yang mahal namun pihak bandara tetap mengawasi. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut