DPRD Sahkan Perda Perubahan RPJMD Halut 2016-2021

  • Bagikan
Suasana Rapat Paripurna di DPRD Halmahera Utara (Foto: Ronald/KabarMalut)

TOBELO – Peraturan Daerah (Perda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah ( RPJMD) Kabupaten Halmahera Utara (Halut) tahun 2016-2021 akhirnya diubah. DPRD Halut mengesahkan perubahan Perda nomor 5 tahun 2016 tentang RPJMD tahun 2016-2021 melalui rapat paripurna yang dipimpin langsung Ketua DPRD Halut, Yulius Dagilaha.

Ketua DPRD Halut, Yulius Dagilaha menyebutkan RPJMD adalah dokumen rencana daerah untuk periode 5 tahun, sebagaimana diisyaratkan dalam Pasal 263 ayat 1 huruf B Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, yang intinya menyebutkan bahwa salah satu dokumen perencanaan pembangunan daerah adalah RPJMD.

“RPJMD merupakan penjabaran dari visi, misi dan program kepala daerah yang memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan pembangunan daerah dan keuangan daerah serta program perangkat daerah dan lintas perangkat daerah yang disertai kerangka pendanaan bersifat indikatif untuk jangka waktu 5 tahun yang disusun dengan berpedoman pada RPJMD dan RPJMN,” ungkap Yulius dalam sambutanya, Selasa  (28/5/2019).

Kaitan dengan hal ini, beberapa waktu lalu Bupati Halut Frans Manery telah mengajukan Ranperda tentang Perubahan RPJMD tahun 2016-2021 dalam rapat paripurna 19 Maret 2019. Ranperda ini kemudian ditindaklanjuti oleh Bapemperda melalui pembahasan yang dilakukan baik secara internal, maupun bersama dengan pemerintah daerah.

“Sumbang saran dan pikir untuk memboboti Ranperda ini, akhirnya menghasilkan kesepakatan untuk melanjutkan Raperda ini dalam pembicaraan tingkat II, yakni pengambilan keputusan DPRD oleh Ketua Bapenperda,” ujar Yulius.

Sementara itu, Bupati Halut Frans Manery mengharapkan agar Perda Perubahan RPJMD yang telah disetujui bersama dapat menjadi salah satu dokumen utama memberikan arah terhadap perwujudan harapan-harapan daerah di masa mendatang melalui visi, misi, tujuan, sasaran, strategis dan arah kebijakan pembangunan daerah.

“Kita telah menyelesaikan agenda rapat paripurna hari ini, semoga bermanfaat dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah ini,” harap Frans.

Hadir pada rapat paripurna, Wakil Bupati Halut Muchlis TapiTapi,  seluruh unsur pimpinan  OPD, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut