Kapolres Pulau Morotai Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Fizri Nurdin
Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila berlangsung di halaman Mapolres Pulau Morotai (Foto: Fizri/KabarMalut)

DARUBA –  Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Morotai memperingati Hari Lahir Pancasila dengan menggelar upacara bendera. Upacara dimpimpin langsung Kapolres Pulau Morotai, AKBP Mikael P Sitanggang sebagai Irup, dan berlangsung di halaman Polres Pulau Morotai, Sabtu (1/6/2019).

Turut dihadiri Bupati Benny Laos, Wakil Bupati Asrun Padoma, Sekda Muhammad M Kharie, Forkopimda Kabupaten Pulau Morotai, Para Asisten Kantor Bupati, Staf Ahli Bupati, Pimpinan OPD, seluruh ASN lingkup Pemkab dan seluruh tamu undagan.

AKBP Mikael saat membacakan sambutan Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI, Haryanto menyampaikan memperingati hari kelahiran Pancasila kita mampu menyatukan semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebagaimana yang sudah kita ketahui, kondisi geografis yang memposisikan wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan.

“Hal ini makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan tanah air Indonesia kesatuan gugusan pulau yang berada diantara dua samudra Pasifik dan Hindia serta diantara dua benua Asia dan Australia, menemukan bahwa kita sebagai bangsa memiliki ruang hidup tanah air sebagai satu kesatuan ada relasi dan perpaduan antara darat dan laut yang saling menguatkan,” kata Mikael.

Lebih lanjut Mikael menyampaikan dalam wilayah nusantara tumbuh flora dan fauna yang beragam secara natural yang merupakan karakteristik dari Indonesia, yang juga terlihat secara antropologis dan sosiologis keberagaman ras, etnis, agama, kepercayaan dan budaya yang ada di Indonesia sudah ada sejak masa praaksara hingga sekarang.

“Pesan Presiden Jokowi bahwa memperingati dan merayakan Hari Kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan, pertama kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah di mana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia, sebagai dasar negara sehingga bangsa nusantara dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa yang besar,” tuturnya.

Bung Karno pernah sebut ‘Jas Merah’ untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus menunjukkan komitmen terhadap ideologi Negara, itulah kita memperingati Hari Kelahiran Pancasila sebagai salah satu kebanggaan nasional Pancasila adalah rumah kita semua Kita Indonesia, Kita Pancasila. (Ajo)

Hak Cipta KabarMalut