Harga Tiket Pesawat Pengaruhi Hunian Hotel di Ternate

  • Bagikan
Grand Dafam Bela Hotel Ternate (Foto: Istimewa)

TERNATE – Mahalnya harga tiket pesawat ikut mempengaruhi pendapatan hotel yang ada di Kota Ternate. Hal tersebut dialami oleh salah satu hotel bintang 4 di Kota Ternate yakni Grand Dafam Bela Ternate.

General Manager Grand Dafam Bela Ternate, Wali Nursasidi menyebutkan bahwa salah satu faktor menurunnya pendapatan hotel di Grand Dafam yakni mahalnya harga tiket pesawat dan ditambah dengan Pemilu 2019, sehingga tingkat hunian hotel sekaligus meeting room menurun drastis.

“Sejak awal Januari hingga saat ini tingkat hunian hotel anjlok menurun drastis dan hal tersebut juga berdampak pada sewa room meeting kita,” tandas Wali kepada KabarMalut, Rabu (12/6/2019).

Okupansi (penghunian) hotel menurun dratis sejak awal tahun 2019, yang dibarengi dengan tahapan Pemilu. Selain itu, berkurangnya kegiatan nasional yang dilakukan di Maluku Utara juga berdampak pada hotel di Kota Ternate.

“Bahkan menurunnya Okupansi hotel secara bisnis dibawah target yakni seharusnya 50 persen, malah cuma bisa capai 36 persen. Jika dibandingkan dengan tahun 2017 dan 2018 untuk tingkat hunian menurun 20 hingga 25 persen,” ungkapnya.

Wali mengaku seperti pada weekend banyak pengunjung yang berdatangan dari Manado, Jakarta dan Makassar ke Ternate dan memilih menginap di Grand Dafam Bela. Namun saat ini tidak ada penambahan pengunjung yang signifikan, sama halnya dengan meeting dari luar Kota Ternate.

“Total meeting untuk bulan puasa turun, kalau hunian tahun lalu bisa 42 hingga 46 persen dan tahun ini hanya bisa capai 36 persen, jadi turun sekitar 10 persen,” terangnya.

Untuk menopang pendapatan, Grand Dafam Bela Ternate melakukan promosi dengan memberikan paket promo menginap. Cara ini dilakukan agar memulihkan pendapatan hotel dengan menarik minat pengunjung hotel dengan harapan seusai Pemilu ini dan ada kebijakan penurunan harga tiket, sehingga hal tersebut bisa menaikkan pendapatan hotel seperti tahun sebelumnya dan normal kembali. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut