Polres Halsel Target Tahun Ini Selesaikan Dugaan Penyalahgunaan DD 32 Desa

  • Whatsapp
Kasat Reskrim Polres Halmahera Selatan, AKP Gede Atmajaya(Foto: Bud/KabarMalut)

LABUHA – Polres Halmahera Selatan (Halsel) terus dalami dugaan penyalahgunaan Dana Desa (DD) di 32 Desa. Polres Halsel sudah melayangkan surat panggilan kepada lima kepala desa (Kades) dari 32 desa yang Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) sudah diserahkan pihak Inspektorat pada awal tahun 2019 lalu, untuk diminta klarifikasi.

“Desa Amasing Kali, Amasing Kota Utara, Sawadai,  Kubung dan Babang. Lima desa ini yang dipanggil itu Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Bendahara,” kata Kasat Reskrim Polres Halsel, AKP Gede Atmajaya ketika diwawancara sejumlah wartawan di kantor Polres Halsel, Kamis (13/6/2019).

Muat Lebih

Selanjutnya pihak penyidik akan memanggil saksi-saksi untuk dimintai klarifikasi untuk mendalami masalah DD di desa masing-masing. Saksi-saksi yang dipanggil itu sesuai dengan keterangan dari Kades.

“Untuk nilai kerugian belum bisa kita simpulkan, belum selesai pemeriksaan,” ujar Gede.

Untuk mengungkapkan dugaan penyalahgunaan DD di 32 desa ini, pihak Polres akan maraton memeriksa setiap Kades dan perangkat desa.

“Lima kepala desa lagi. Solanya penyidiknya ada tiga. Jadi berikut ini kita undang lima kepala desa dulu nanti selesai kita lanjut lima lagi,” tuturnya.

Meski terbilang banyak, pihaknya menargetkan pada tahun 2019 ini bisa menyelesaikan masalah 32 desa yang sementara ditangani.

“Iya tahun 2019 ini kami selesaikan 32 desa ini,” pungkasnya.

Diketahui 32 desa yang DD-nya diduga bermasalah dan ditangani Polres Halsel saat ini yakni, Desa Akegula, Desa Indari, Desa Bisori, Desa Palamea, Desa Air Mangga Indah,  Desa Lailui, Desa Nang, Desa Kasui, Desa Weri, Desa Kondang, Desa Bisui, Desa Akedabo, Desa Waya, Desa Bobo, Desa Kawasi, Desa Pasipalele, Desa Kukupang, Desa Arumamang, Desa Lata-Lata, Desa Jojame, Desa Nusababullah,  Desa Yaba, Desa Babang, Desa Sayoang, Desa Goro-goro, Desa Sawadai, Desa Kubung, Desa Tawa, Desa Songa, Desa Amasing Kali, Desa Marabose dan Desa Amasing Kota Utara. (Ajo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *