Dapat Kucuran DAK Rp 11 M, Dikbud Halut Prioritaskan Bangun Infrastruktur Pendidikan

  • Bagikan
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Halmahera Utara, Suwarno TongoTongo (Foto: Ronald/KabarMalut)

TOBELO – Dinas Pendidikan dan kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Halmahera Utara (Halut), mendapat kucuran anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019 mencapai Rp 11 miliar dari pemerintah pusat. Anggaran tersebut diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur pendidikan di Halut.

Kepala Dikbud Halut, Suwarno Tongo Tongo mengatakan, DAK Rp 11 miliar tersebut diperuntukan untuk pembangunan infrastruktur pendidikan baik bangunan maupun infrastruktur penunjang lainnya.

“Jadi dana tersebut diperuntukan untuk rehab sekolah, Ruang Kelas Baru (RKB) dan pembangunan laboratorium serta pengadaan buku di sekolah-sekolah,” ujar Suwarno Tongo Tongo kepada wartawan, Rabu (19/6/2019).

Suwarno menambahkan pembangunan infrastruktur pendidikan hanya dikhususkan untuk Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Selain itu, terdapat pula anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU).

“Untuk SMP dokumennya sudah selesai, sedangkan SD sementara diproses,” katanya.

Anggaran DAK sendiri akan dikelola langsung pihak sekolah (swakelola) peneriman DAK yang tersebar di 17 kecamatan. Maka anggarannya akan ditransfer langsung ke rekening sekolah masing-masing.

“Jangan sampai anggaran tersebut disalahgunakan karena akan diproses secara hukum,” tutupnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut