IPM Naik 5 Persen, Dikbud Pulau Morotai Buka Tiga Sekolah Unggulan

  • Bagikan
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Pulau Morotai, Revi Dara (Foto: Fizri/KabarMalut)

DARUBA – Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Pulau Morotai kini mengalami peningkatan sebesar 5 persen dari 58 persen menjadi 63 persen. Hal tersebut dilihat berdasarkan syarat indikator kualitas pendidikan berupa, kelulusan siswa, dan kualitas sarana prasarana yang juga mengalami peningkatan.

“Kita dari sisi IPM hari ini suda 63 persen artinya dulu sebelum Benny-Asrun, IPM Pulau Morotai hanya 58 persen,” tutur Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Pulau Morotai, Revi Dara saat ditemui KabarMalut, Jumat (21/6/2019).

Pemda Pulau Morotai melalui Dikbud akan membuka tiga sekolah unggulan diantaranya dua Sekolah Dasar (SD) dan satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Morotai Selatan. Sekolah unggulan ini nantinya mulai beroperasi pada Juli 2019 mendatang.

“Nah kami punya kebijakan pendidikan di Pulau Morotai itu adalah pendidikan berkulitas terjangkau, murah dan gratis lagi,” tambahnya.

Revi juga menyebutkan bahwa saat ini sarana prasara pendidikan sedang dalam proses pembenahan dan sudah mencapai 75 persen. Nanti bulan Juli atau tahun ajaran baru, akan dilakukan rapat dengan pengawas untuk penentuan pengajar yang akan dipakai pada sekolah unggulan.

“Nanti hasil rekomendasi pengawaslah yang menjadi catatan untuk siapa yang bisa mengajar dan siapa yang tidak bisa mengajar, karena pengawas tahu ini bisa dan ini tidak bisa, karena dia sudah supervisi langsung,” jelas Revi.

Menurutnya untuk kurikulum 2013 (K 13) pada tingkat SD akan diwajibkan mata pelajaran Bahasa Inggris mulai dari kelas 1 hingga kelas 6. Dikbud juga membuka lowongan untuk tenaga guru Bahasa Inggris sebanyak 10 orang, bagi yang berminat bisa langsung mendaftrkan diri dan untuk lamarannya bisa diantar ke Sekretariat Dikbud Pulau Morotai. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut