Wakil Bupati Halut Resmi Buka Bimbingan Manasik Haji Bagi 120 JCH

  • Bagikan
Wakil Bupati Halmahera Utara, Muchlis Tapi Tapi pada saat membuka kegiatan Manasik Haji (Foto: Ronald/KabarMalut)

TOBELO – Wakil Bupati Halmahera Utara (Halut), Muchlis TapiTapi secara resmi membuka kegiatan Bimbingan Manasik Haji bagi 120 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Halut. Kegiatan yang diselenggarkan oleh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) bersama Bagian Kesra Sekretariat Daerah Halut, mengangkat tema ‘Mewujudkan Jama’ah Haji Mandiri dan Meraih Haji Mabrur’ berlansung di Gedung Marahai  Tobelo, Jumat (21/6/2019).

Wakil Bupati Halut Muchlis mengingatkan kepada JCH bahwa momen Bimbingan Manasik ini sebagai ajang untuk saling mengenal satu sama lain. JCH yang akan menunaikan ibadah haji tahun ini, agar menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat melaksanakan ibadah haji sesuai dengan rukun haji.

“Dalam melaksanakan ibadah haji tentu harus ikhlas dan harus memiliki ilmu yang cukup, tentang bagaimana beribadah haji sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW,” ucap Wakil Bupati .

Sementara itu, Kabag Kesra Setda Halut Bahri Dode yang juga sebagai  Panitia Pelaksana Bimbingan Manasik Haji dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan pembinaan Manasik Haji ini merupakan pembukaan dari rangkaian kegiatan Manasik di tingkat kabupaten yang digelar selama 2 hari kedepan dan akan ditutup pada Sabtu besok , 22 Juli 2019 sekaligus sebagai pemantapan Manasik Haji.

“Kegiatan manasik haji ini merupakan bagian dari pembinaan dan pelayanan, dan ini menjadi salah satu tugas pemerintah sebagaimana diatur dalam undang-undang Nomor 13 tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji,” jelas Bahri Dode

Ia juga menjeleskan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada JCH tentang ilmu manasik haji serta tentang kesehatan haji dan seluruh persiapan.

“Jumlah peserta yang hadir merupakan gabungan dari semua kecamatan yang ada di Kabupaten Halut berjumlah 120 orang yang merupakan Jamaah Calon Haji,” tuturnya

Hadir dalam pembukaan Manasik Haji tahun 1440 H/2019 M, Sekda Halut Fredy Tjandua, Asisten 1 Bidang Pemerintahan, Staf Ahli Bidang pemerintahan, Politik dan Hukum, Kepala Kemenag Halut, Kabag Kesra Setda Halut, Kadis Kesehatan, dan  sejumlah undangan lainnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut