Penumpang Keluhkan Speed Boat Sering Mati Mesin

  • Bagikan
Speed boat di Pelabuhan Armada Semut Kota Ternate (Foto: Yunita/KabarMalut)

TERNATE – Pengguna jasa penyeberangan speed boat  di pelabuhan Armada Semut Mangga Dua, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut) mengeluhkan banyak speed boat masih menggunakan mesin yang sudah tidak prima atau tidak layak.

Salah satu penumpang tujuan Sofifi, Syarif Asrul mengaku beberapa armada speed boat yang melayani rute penyeberangan Ternate-Sofifi dan sebaliknya, perlu mendapat perhatian dinas terkait. Pasalnya kondisi mesin yang sudah tidak prima dan sering mati, sangat mangancam keselamatan penumpang saat berlayar jika tiba musim ombak.

“Saya sudah beberapa kali naik speed boat ke Sofifi  dan sudah kesekian kalinya setiap dalam perjalanan, sering mesinnya mati atau pada saat hendak berangkat itu nahkoda atau ABK kesulitan menghidupkan mesin,” kata Syarif kepada KabarMalut, Selasa (2/7/2019).

Menurutnya instansi terkait harus jelih dan mengevaluasi kelayakan seluruh armada speed boat di pelabuhan tersebut. Dengan tujuan agar speed boat maupun fasilitasnya yang sudah tidak layak dipakai, agar segera diganti atau menghentikan izin beroperasinya.

“Harusnya instansi terkait lebih sigap dan rutin mengecek speed boat, karena bisa saja sudah tidak layak pakai kan bisa diganti dengan yang baru, jika tidak maka cabut saja izin operasinya,” tuturnya.

Ia juga menambahkan bahwa petugas yang berjaga di pelabuhan Armada Semut tidak serta merta mengecek kelayakan mesin maupun fasilitas lainnya yang akan berangkat, namun hanya mengecek nama penumpang sebagai data manifes.(Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut