Inspektorat Temukan DD dan ADD 49 Desa di Halbar Bermasalah

Redaksi
Kepala Inspektorat Halbar, Julius Marau (Foto: Surahman/KabarMalut)

JAILOLO – Sebanyak 49 desa dari 169 desa di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Provinsi Maluku Utara, pengelolaan anggaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2017-2018 ditemukan bermasalah. Temuan ini setelah Inspektora Halbar melakukan pemeriksaan rincian penggunaan DD dan ADD.

Kepala Inspektorat Halbar, Julius Marau mengaku anggaran DD dan ADD bermasalah di 49 desa itu terkuak pada pemeriksaan rincian yang menemukan adanya perbedaan (silih) angka pada Rencana Anggaran Biaya (RAB) dengan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) pada program pemederdayaan dan fisik. Bahkan sebagiannya diduga fiktif karena tidak mengerjakan kegiatan yang telah ditetapkan dan anggaranya sudah habis dipakai.

“LPR anggaran pekerjaan fisik sudah mau habis ternyata progresnya masih nol, terdapat pula adanya kekurangan volume dan  pengadaan bibit ternak, rambutan, durian tanpa pendamping tehnis yang bisa mengukur kualitas bibit tanaman berakibat banyak yang rusak,” kata  Julius dikonfirmasi wartawan di kantor Inspektorat, Rabu (3/7/2019).

Meski begitu, Julius mangaku tidak mengetahui secara jelas dugaan total kerugian pada 49 desa terbut. Kurangnya pembinaan secara intens, juga menjadi salah satu faktor kekeliruan dalam pengelolaan anggaran.

“Untuk jumlah total temuannya belum kami hitung. Tetapi kalau jumlah yang besar itu sudah termasuk faktor kesengajaan,” ungkapnya.

Inspektorat sendiri bakal melakukan pembinaan terhadap ke 49 desa yang mayoritas berada di Kecamatan Loloda ini, dengan harapan tahun berikutnya pengelolaan dan LPJ tidak bermasalah lagi. Para Kades juga diimbau harus mengembalikan anggaran yang bermasalah dengan menyetor ke kas desa dalam kurun waktu 60 setelah hasil pemeriksaan.

“Waktu pengembalian dalam jangka 60 hari, jika tidak dikembalikan maka kita lakukan teguran pertama 3 hari sampai 3 kali teguran. Jika tidak bisa diselesaikan maka diberhentikan sementara,” pungkasnya. (Ajo)

Hak Cipta KabarMalut