Pemda Halbar Siapkan Saksi Kunci Hadapi Gugatan Derwin Tangayo

  • Bagikan
Kabag Hukum dan Organisasi Setda Halmahera Barat, Deny G Kasim (Foto: Surahman/KabarMalut)

JAILOLO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat (Halbar) Provinsi Maluku Utara, telah menyiapkan saksi kunci untuk menghadapi gugatan Derwin Tangayo terhadap Surat Keputusan (SK) Bupati Halbar tentang pengangkatan Kepala Desa (Kades) Pasalulu Kecamatan Loloda hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkade) tahun 2018.

Derwin Tangayo selaku penggungat menyengketakan SK Bupati Halbar (tergugat) di  Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Ambon, atas ketidakpuasan hasil Pilkades Pasalulu yang selisihnya hanya satu suara dengan Yon Palias (terkait) yang telah dilatik sebagai Kades oleh Bupati.

“Suara beda hanya satu angka, Derwin Tangayo 163 (penggugat) dengan terkait Yon Palias 164, untuk dari jumlah suara total 361 atau yang tidak sah 4.  Itu sehingga mereka menuntut hak di PTUN Ambon,” kata Kabag Hukum dan Organisasi Setda Halbar, Deny G Kasim kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (3/7/2019).

Sengketa Pilkades Pasalulu, saat ini masih dalam proses persidangan dan sudah memasuki tahapan duplik dan replik. Jika tiba pada tahapan pemeriksaan saksi, Pemkab Halbar tentu siapkan para saksi kunci.

“Seperti Ketua Panitia Pilkades dan Sekertaris, hingga panitia tingkat desa. Dari segi kesiapan data kami pastikan dari Pemkab tentu sudah lengkap serta siap dipaparkan di PTUN Ambon,” cetusnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut