Soal Keluhan Penumpang Speed Boat Sering Mati Mesin, Ini Kata KSOP Ternate

  • Bagikan
Kepala KSOP Ternate, Taher Latuipa (Foto: Yasim/KabarMalut)

TERNATE – Terkait keluhan pengguna jasa (penumpang) speed boat di pelabuhan Armada Semut Mangga Dua, Kecamatan Ternate Selatan, untuk rute Ternate-Sofifi dan sebaliknya, banyak speed boat yang memiliki mesin sudah tidak prima sehingga sering mati mesin saat maupun hendak berlayar.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ternate, Taher Latuipa mengaku petugasnya selalu melakukan pemeriksaan setiap speed boat yang akan beroperasi. Pemeriksaan dilaksanakan secara menyeluruh baik kelayakan serta fasilitas keselamatan armada.

“Sebelum speed boat berangkat, petugas yang ada di pelabuhan selalu mengecek kesiapan dan kelayakan armada dengan mengecek mesin pada speed boat,” kata Taher kepada KabarMalut, Rabu (3/7/2019).

Taher mengaku mesin yang ada pada setiap speed boat tidak semuanya menggunakan mesin baru, atau terdapat pula masih menggenakan mesin lama.

“Jadi begini di armada spead boat itu tidak semua mesin baru karena ada juga mesin lama seperti contoh tiap speed boat ada tiga hingga 4 mesin dan pasti ada mesin yang lama yang digabungkan,” tuturnya.

Belum lagi rata-rata pemilik spees boat tergolong ekonomi menengah kebawa. Sehingga untuk menunjang perekonomian keluarga, sulit dibagi dengan aramada yang menjadi mata pencaharian sehari-hari.

“Ini yang harusnya dilihat juga, kita tidak menghendaki kecelakaan itu terjadi, jadi tidak sekedar membuat hal ini menjadi opini dan menyalahkan satu dengan yang lain,” tambahnya.

Taher berharap masyarakat bisa saling memahami sebab KSOP Ternate selalu melakukan pemeriksaan sehingga kalau memang ada armada yang tidak layak digunakan pasti hal tersebut langsung ditindak lanjuti dan izin operasinya diberentikan. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut