Prakiraan Cuaca di Malut Masih Aman Tapi Waspada

  • Bagikan
Prakirawan BMKG Ternate, Justia Galensong (Foto: Yunita/KabarMalut)

TERNATE – Prakiraan cuaca dari Stasiun Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ternate, untuk wilayah Maluku Utara (Malut) dan sekitarnya, dinyatakan masih aman, tetapi perlu waspada.

Prakirawan BMKG Ternate, Justia Galensong menyebutkan saat ini untuk kondisi cuaca di Malut masih berpotensi hujan ringan hingga sedang. Untuk di perairan, tinggi gelombang cukup signifikan, seperti di Perairan Kepulauan Sula dan Pulau Taliabu.

“Wilayah Kepulauan Sula dan Pulau Taliabu tinggi gelombang mencapai 0,5 meter hingga 2 meter dan itu cukup signifikan,” kata Justia kepada KabarMalut, Jumat (5/7/2019).

Justia juga menyebutkan untuk penyeberangan Ternate-Sofifi, Ternate-Tidore dan Ternate-Jailolo, tinggi gelombang 0,5 hingga 1,25 meter. Cuaca seperti saat ini, akan berlanjut hingga tiga hari kedepan dan masih potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

“Sedangkan untuk tinggi gelombang masih cukup signifikan untuk wilayah pelayaran seperti Labuha, Sanana, Taliabu, Ternate, Batang Dua dan Bitung serta sekitar perairan Pulau Gebe,” terangnya.

Saat ini ada belokan angin di wilayah Malut menyebabkan adanya masa udara di wilayah Malut, sehingga terjadi pertumbuhan awan hujan. Untuk itu, BMKG menghimbau kepada masyarakat untuk lebih mencermati jika terjadi cuaca ekstrim yang bisa mempengaruhi tinggi gelombang dan visibiliti. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut