Dua Balita Diduga Gizi Buruk Kembali Ditemukan di Gane Timur 

  • Whatsapp
Penderita gizi buruk Celsi Rembayen (18 bulan) (Foto: Istimewa)

LABUHA – Kasus gizi buruk di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Provinsi Maluku Utara kian hari makin bertambah. Kali ini kasus gizi buruk kembali ditemukan di Desa Akelamo Kecamatan Gane Timur, dua balita diduga mengalami gizi buruk yakni Celsi Rembayen berusia 18 bulan jenis kelamin perempuan dan Velsius Ambutu berusia 9 bulan jenis kelamin laki-laki.

Kedua balita gizi buruk ini ditemukan Pendamping Lapangan Desa (PLD) Desa Akelamo Kely Hulai bersama Bidang Desa dan Kader Posyandu. Pada saat ditemukan berat badan Celsi Rembayen 7,1 kg dengan penanganan medis selama enam 6 bulan, sedangkan Velsius Ambutu 5,5 kg dengan penanganan medis selama dua bulan.

Muat Lebih

“Saya bersama bidan desa dan kader posyandu langsung turun di rumah bersangkutan,” kata Kely Hulai kepada KabarMalut melalui sambungan telepon, Selasa (9/7/2019).

Velsius Ambutu (9 bulan) (Foto: Istimewa)

Terkait masalah ini, Kepala Dinas Kesehatan Ahkmad Rajak dikonfirmasi mengaku belum mengetahui bawah ada dua balita penderita gizi buruk di Desa Akelamo. Ahkmad juga belum meyakini kedua balita tersebut menderita gizi buruk.

“Belum ada informasi ini. Kalau ada pasti ada foto yang akan dikirim. Nanti dicek dulu umur dan BB (berat badan) jangan sampai bukan gizi buruk,” ucap Ahkmad.

Selin itu, Kepala Puskesmas Kecamatan Gane Timur Fadli Ishak dikonfirmasi melalui nomor pribadinya 08218863xxxx tidak mau merespon.

Informasi yang dihimpun media ini, pada Minggu (7/7) Bupati Halsel Bahrain Kasuba menghadiri acar silaturrahmi Keluarga Tobelo Galela (Togale) di Desa Akelamo dimana keluarga kedua penderita gizi buruk berdomisili. (Ajo)

Pos terkait