Enam Bulan Pertama, Polda Malut Ungkap 46 Kasus Narkoba

Yasim Mujair
Wadir Reserse Narkoba Polda Maluku Utara, AKBP Wahyu Agung Jatmiko dan Kabid Humas AKBP Hendry Badar saat memperlihatkan barang bukti Narkoba dan tersangka pada Press Release (Foto: Yasim/KabarMalut)

TERNATE – Selama semester pertama tahun 2019, Direktorat Reserse Narkoba (Dit-Resnarkoba) Polda Maluku Utara (Malut) terus melakukan upaya untuk memberantas jaringan narkoba. Sedikitnya ada 46 kasus narkoba berhasil diungkap dalam semester pertama ini.

Dalam kurun waktu enam bulan, 56 tersangka penyalahgunaan narkoba berhasil dibekuk tim Direktorat Reserse Narkoba Polda Maluku Utara (Malut) dan menerima Laporan 46 Polisi (LP).

Wadir Reserse Narkoba Polda Malut, AKBP Wahyu Agung Jatmiko mengungkapkan, dari 46 kasus ini terdapat 56 tersangka yang diamankan dengan jumlah Barang Bukti (BB) masing-masing Sabu 101,82 gram, Ganja 417,69 gram dan tembakau gorila sebanyak 25,48 gram ditambah 34 ample.

“Dari hasil pengungkapan sejak bulan Januari sampai dengan sekarang (Juli) itu jumlah kasus yang ditanggani dan sebagian sudah diproses sampai pada tahap I, tahap II sampai diserahkan ke Kejaksaan,” kata Wahyu di dampinggi Kabid Humas Polda Malut AKBP Hendry Badar dalam Press Release di Mapolda Malut, Selasa (9/7/2019).

Dikatakan, dari pengungkapan kasus Narkoba yang paling miris usia produktif paling dominan, mulai dari umur 18 tahun hingga 35 tahun sudah memakai narkoba sehingga harus menyandang status tersangka.

“Kedepan kami akan kerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Malut untuk melakukan sosialisasi penyeluhan Narkoba di tiap-tiap sekolah,” tuturnya.

Ia menambahkan, masih terdapat kasus Narkoba lain yang belum diserahkan ke Kajaksaan karena masih dalam penyidikan Polisi. Sementara lainnya sudah tahap II dan dilimpahkan ke Kejaksaan untuk proses persidangan di Pengadilan.

“Yang ini belum kami serahkan karena masih proses penyelidikan. Untuk BB yang ada ini kurang lebih 100 gram,” pungkasnya. (Ajo)

Hak Cipta KabarMalut