Dipsar Halut Bina Ekonomi Kreatif Pemandu Wisata Kuliner dan Belanja

  • Bagikan
Peserta Pembinaan Ekonomi Kreatif bagi Pemandu Wisata Kuliner dan Belanja (Foto: Ronald/KabarMalut)

TOBELO – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Halmahera Utara (Halut) Provinsi Maluku Utara, bina ekonomi kreatif bagi Pemandu Wisata Kuliner dan Belanja. Kegiatan yang diikuti sebanyak 100  peserta, terdiri dari Pengrajin Kuliner, Penggiat Seni, Pelaku Usaha di tempat wisata, bertemakan ‘Kita Kembangkan Kuliner Daerah Sebagai Menu Khas Lokal’ berlangsung di aula Hotel Grennland Tobelo, Rabu (10/7/2019).

Kepala Dinas Pariwisata Halut,  Syahril Djurumudi, dalam sambutanya mengatakan, Adapun tujuan dilaksanakan kegiatan pembinaan pengembangan ekonomi kreatif ini untuk memberikan pemahaman kepada kita tentang apa itu ekonomi kreatif, bagaimana sepak terjangnya atau kiprahnya dalam memajukan ekonomi masyarakat.

“Ini merupakan tantangan bagi Pemerintah Daerah untuk bagaimana  menyediakan pasar bagi para pelaku ekonomi kreatif, agar pengembangan ekonomi bagi masyarakat Halmahera Utara lebih maju. Kedepanya diharapkan kita mampu memaksimalkan sumber daya alam yang ada untuk kita  kembangkan sebagai sumber ekonomi,” kata Syahril.

Bupati Halut yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan, Erasmus Joseph Papilaya dalam sambutanya sekaligus membuka acara tersebut, mengatakan ada tiga hal pokok yang perlu dilakukan untuk mengembangkan Ekonomi Parwisata, yaitu Aksesibilitas, keamanan dan kenyaman serta aktraktif yang dimana ketiga hal pokok ini apabila dilakukan dapat menumbuhkan tingkat ekonomi masyarakat.

“Para pemerhati kuliner Halmahera Utara agar saling membangun silahturahmi dan mewujudkan situasi yang aman dan kenyamanan bagi pengunjung dan wisatawan yang datang di daerah kita, karena wisatawan pada umumnya sangat mengharapkan adanya tiga hal ini,” ucapnya.

Erasmus Joseph Papilaya berharap, dengan adanya pembinaan ini, diharapkan dapat memberikan bekal bagi pelaku ekonomi kreatif di Halut sehingga produknya memiliki nilai jual yang tinggi.

“Hasil pembinaan ini nantinya akan menjadi modal dan bekal peserta untuk berkreasi di tempat usahanya  dengan menerapkan keterampilan yang telah diarahkan,” tutupnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut