Kaban Kesbangpol Akui Dana Parpol 100 Persen Terealisasi, Kepala BPKAD Morotai: 4 Parpol Belum Terima

  • Whatsapp
Kaban Kesbangpol Pulau Morotai, Lauhin Goraahe (Foto: Istimewa)

DARUBA –  Kaban Kesbangpol Pulau Morotai, Lauhin Goraahe mengaku dana bantuan untuk Partai Politik (Parpol) yang dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019, sudah 100 persen terealisasi kepada masing-masing Parpol. Namun pengakuan Lauhin ditepis Kepala Badan Pengelolaan Keuagan dan Aset Daerah (BPKAD), Muhammad Umar Ali karena masih terdapat 4 Parpol belum terima anggaran dimaksud.

“Dana Parpol yang dianggarkan tahun ini saya tidak tahu berapa totalnya, karena itu ada di Badan Keuangan (BPKAD), tapi yang jelas dianggarkan tahun ini dan semuanya sudah direalisasi sebelum Pemilu dan selesai Pemilu kemarin,” ungkap Lauhin kepada KabarMalut melalui telepon, Rabu (10/7/2019).

Menurut Lauhin besaran anggaran yang direalisasi untuk setiap Parpol, angkanya bervariasi karena dikalikan dengan jumlah suara dari masing-masing Parpol dan jumlah kursi di DPRD.

“Berapa besaran dana yang didapat setiap Parpol saya juga kurang tahu karena bervariasi sesuai dengan jumlah kursi. Yang jelas untuk dana itu memang melekat di Kesbangpol tapi anggarannya di keuangan, saya hanya keluarkan rekomendasi saja nanti keuangan yang bayar, dan itu di transfer melalui rekening masing-masing Parpol,” jelasnya.

Lauhin menambahkan untuk Parpol yang berhak menerima anggaran tersebut hanyalah Parpol yang mendapatkan kursi di DPRD dan untuk dana Parpol yang telah direalisasi tahun ini adalah dana Parpol Pemenang Pemilu 2014.

“Jadi Parpol yang mendapatkan kursi di Pemilu 2019 itu dananya nanti dianggarkan kembali tahun 2023, karena ini disesuaikan dengan momen Pemilu, jadi tidak dianggarkan setiap tahun,” jelas Lauhin

Terpisah Kepala BPKAD Pulau Morotai, Muhammad Umar Ali saat dikonfirmasi mengaku ada 11 partai yang ada di DPRD Pulau Morotai dengan total bantuan anggaran sebesar Rp 244 juta di tahun 2019. Namun realisasi ke Parpol baru 7 Parpol terima sisahnya belum karena belum ada permintaan.

“Sudah direalisasi kurang lebih 7 Parpol yakni  Golkar, PKS, PKB, NasDem, Hanura,  Gerindra dan PDIP,” tandasnya.

Sementara yang belum direalisasi ada 4 Parpol sehingga mereka belum menerima yakni Partai Demokrat, PKPI, PPP dan PAN.

“4 Parpol belum terima karena belum melakukan permintaan dan belum ada proposal partai yang masuk makanya belum direalisasikan,” singkatnya. (Ajo)

Pos terkait