Kepala Kesbangpol Halut, Akui Keberangkatan Empat Pejabat ke Canada Kantongi Surat Jalan dari Sekda

  • Whatsapp
Empat orang diantaranya merupakan pejabat Halut ketika di Canada (Foto: Istimewa)

TOBELO – Kepala Kesbangpool Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Provinsi Maluku Utara (Malut), Menas Rompis mengaku bahwa empat pejabat yang berangkat ke luar negeri yakni negara Cadana bebera waktu lalu, telah mengantongi surat jalan dari Sekda Halut Fredy Tjandua.

Empat pejabat dimaksud yakni Kepala DPMD Nyoter Koenoe, Kepala Kesbangpool Menas Rompis, Kasat Satpol PP F.N. Sahetapy dan salah satu Kabid DLH Halut Yeni Rahamis.

Muat Lebih

Pengakuan Kepala Kesbangpool Halut Menas Rompis disampaikan pada kemarin.

“Ketika kami ke negara Cadana bukan saja surat cuti yang kami miliki, akan tetapi kita juga diberi surat jalan oleh Sekda,” kata Menas Rompis hadapan Anggota DPRD saat Rapat Dengar Pendapat (RDP), Rabu (10/7).

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Halut Janlis Kitong mengatakan pengakuan Menas Rompis sudah sangat jelas bahwa, keberangkatan empat pejabat ke negara Canada, juga mendapat surat jalan dari Sekda. Tindakan ini dinilai sebagai suatu pelanggaran berat karena status merenga dalam keadaan cuti namun oleh Sekda diberikan surat jalan.

“Ini sangat bertantangan dengan aturan, karna jika mereka yang sudah mengambil surat cuti tahunan itu sebenarnya tidak seharusnya mereka di berikan lagi surat jalan. Ada pinyimpangan mekanisme dan prosedur, karena yang namanya setiap pejabat yang mengambil surat cuti tahunan, keluar negeri syaratnya antara lain, untuk melaksanakan ibadah agama (seperti menunaikan ibadah haji dan umroh), menjalani pengobatan dan kepentingan lainnya,” tegas Janlis.

Sedangkan alasan kepentingan lainnya tersebut, kata  Janlis, yaitu untuk menghadiri wisuda anak, istri/suami dan menghadiri pernikahan anak. Sementara empat pejabat ini keluar negeri dengan agenda bersenang-senang, maka sebenarnya tidak diperbolehkan dikeluarkan surat cuti dan surat jalan oleh Sekda. (Ajo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *