Lanal dan Pemkab Pulau Morotai Gelar Komsos

  • Bagikan
Peserta kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) yang dilaksanakan Lanal Morotai bersama Pemkab Pulau Morotai (Foto: Fizri/KabarMalut)

DARUBA – Lanal Morotai bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Morotai menyelenggarakan Komunikasi Sosial (Komsos) terhadap Aparat Pemerintah dan unsur masyarakat untuk meningkatkan kesadaran bela negara dalam rangka membangun karakter bangsa. Kegiatan berlangsung di ruang rapat DPRD Kabupaten Pulau Morotai, Kamis (11/7/2019).

Komandan Lanal Morotai, Letkol Laut (P) Kariady Bangun menyebutkan kepedulian TNI-AL terhadap wilayah-wilayah perbatasan khususnya Kabupaten Pulau Morotai, hal ini guna mewujudkan cita-cita Bangsa dan Negara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

“Hal yang harus kita bela dari Negara adalah, Kedaulatan Negara, Keutuhan Wilayah dan Keselamatan bangsa yang tidak bisa hanya dilakukan dengan kekuatan fisik dan senjata semata, namun harus dilakukan melalui beragam usaha dan upaya berbagai profesi, ¬†Kesadaran Bela Negara tidak hanya dilaksanakan oleh Aparatur Negara saja akan tetapi harus dilibatkan seluruh lapisan masyarakat,” ujar Kariady.

Sementara itu, Bupati Pulau Morotai yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Setda, Muchlis Baay menyampaikan bahwa laut Indonesia mempunyai wilayah yang sangat luas dan sebagian besar wilayahnya berupa perairan. Oleh sebab itu, untuk melindungi potensi laut tersebut bangsa ini membutuhkan generasi yang berdedikasi dengan jiwa semangat bela Negara.

Sekitar 140 juta atau 60 persen penduduk Indonesia hidup di daerah pesisir pantai, pada tahun 1998 industri kelautan menyerap 16 juta tenaga kerja,

“Secara biofisik wilayah pesisir dan laut Indonesia memiliki garis pantai terpanjang di dunia sekitar 81.000 KM 13,9 persen, untuk itu perlu kita tingkatkan rasa cinta tanah air dan menjaga kedaulatan laut kita bersama,” tutupnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut