Bupati Bahrain Kasuba Lepas JCH Kabupaten Halsel

  • Whatsapp
Bupati Halmahera Selatan, Bahrain Kasuba saat melepas rombongan CJH (Foto: Humas Setda Halmahera Selatan)

LABUHA – Sebanyak 225 Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) tahun 1440 H/2019 M yang tergabung dalam Kloter 9, secara resmi dilepas oleh Bupati Bahrain Kasuba di Pelabuhan Babang, Kamis (11/7/2019).

JCH Kabupaten Halmahera Selatan tersebut, terdiri dari 112 jamaah laki-laki dan 113 jamaah perempuan yang berasal dari 25 kecamatan.

Muat Lebih

Turut hadir pada pelepasan JCH tersebut, Sekertaris Daerah Helmi Surya Botutihe, Unsur Forkopimda Halsel, para Asisten, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Halsel Hasym Hi Hamzah, para Staf Ahli, Pimpinan SKPD Halsel, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah (PPIHD) dan JCH Kabupaten Halsel serta para keluarga.

Dalam sambutan Bupati Halsel Bahrain Kasuba meyampaikan selamat kepada JCH yang akan berangkat ke tanah suci.

“Saya mengucapkan selamat kepada Jamaah Calon Haji, semoga dapat kembali dengan selamat dan menjadi haji yang mabrur,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Bupati juga mengingatkan kepada para JCH untuk menjaga kondisi masing-masing saat berada di tanah suci, mengingat ibadah haji memerlukan fisik dan mental yang kuat.

“Kepada para pendamping khususnya pihak medis, harus memastikan kesehatan para Jamaah Calon Haji sebelum keberangkatannya dan kepada Jamaah Calon Haji harus terus menjalin komunikasi yang baik dengan petugas,” himbaunya.

Lanjutnya, tak hanya itu, hal paling penting yang harus diperhatikan oleh JCH adalah memelihara persatuan dan kesatuan, serta keutuhan dan kekompakan regu.

Bupati Bahrain Kasuba dan Forkopimda Halmahera Selatan dalam pelepasan JCH (Foto: Humas Setda Halmahera Selatan)

Sementara itu, pada laporan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Halsel, Hasym Hi Hamzah selaku Kepala Staff Penyelenggara Haji Kabupaten Halsel mengatakan, persiapan JCH yang dilakukan adalah meliputi Manasik yang diawali dengan tes kebugaran sebanyak 2 kali oleh Tim Kesehatan Haji Halsel dan Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara.

“Bimbingan Manasik haji diklasifikasi menjadi 3 tahap, pertama Manasik mandiri sebanyak 15 kali, kedua Manasik tingkat kecamatan sebanyak 8 kali, dan tingkat kabupaten sebanyak 2 kali,” jelasnya.

Dirinya juga menerangkan biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH/ONH) tahun ini sebesar Rp 39.207.741 yang menjadi tanggung jawab masing-masing JCH, juga ada beberapa komponen biaya yang dibantu atau disubsidi oleh Pemda kepada 225 JCH Halsel.

“Diantaranya biaya embarkasi sebesar Rp 3.582.720 per jamaah, biaya insentif bagi 5 ketua rombongan dan 20 ketua regu, serta biaya Bimtek untuk para ketua rombongan dan regu,” terangnya.

Diakhir sambutannya, Hasym menyampaikan terima kasih kepada Bupati Bahrain Kasuba, Unsur Forkopimda dan Pimpinan SKPD serta semua yang telah mengambil bagian dan peranan penting dalam upaya mengsukseskan proses pelayanan Ibadah Haji bagi JCH musim haji 1440 H/2019 M.

Nampak Bupati Halmahera Selatan, Bahrain Kasuba melambaikan tangan saat kapal JCH bertolak meninggalkan pelabuhan Babang (Foto: Istimewa)

 

Kadis Sosial Jusmin Dahlan saat diwawancarai mengatakan bahwa Panitia Pendamping  JCH tahun 2019 yang akan mendampingi JCH sebanyak 6 orang dari Dinas Sosial, 9 orang dari Dinas Kesehatan dan 3 orang dari Kantor Kemenag  Halsel.

“Pendamping yang akan berangkat ke Makassar sebanyak 5 orang dari Dinsos dan 9 orang dari Dinkes,  sisanya hanya sampai di Ternate,” ujarnya.

Para JCH Kabupaten Halsel berangkat dari Pelabuhan Babang menggunakan Kapal Satria 99 Ekspress menuju Kota Ternate, kemudian langsung ke Asrama Haji di Kelurahan Ngade, Ternate Selatan.

Selanjutnya, pada tanggal 12 Juli 2019 JCH Kabupaten Halsel yang termasuk dalam Kelompok Terbang (Kloter) 9 akan berangkat ke Makassar dan menuju Madinah pada tanggal 13 Juli 2019. JCH Kabupaten Halsel akan  berada di Madinah selama 8 hari dan selanjutnya menuju Jeddah.

JCH Kabupaten Halsel tahun 1440 H/2019 M usia yang tertua 98 tahun atas nama Buhari Muhammad Kasim asal Desa Kampung Makiang, Kecamatan Bacan Selatan.

Pelapasan JCH Halsel diwarnai dengan Isak tangis dari keluarga,  dan diakhiri dengan jabat tangan Bupati dan seluruh stakeholder yang hadir bersama 225 JCH Kabupaten Halsel serta ditandai dengan kumandang Adzan yang menambah haru suasana keberangkatan JCH.  (LS/Humas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *