APMS Tafure di Ternate Terbakar, Hanguskan 4 Kandaraan

  • Bagikan
Kabakaran APMS Tafure Kota Ternate (Foto: Yasim/KabarMalut)

TERNATE – Sebuah Agen Premium Minyak Solar (APMS) yang terletak di lingkungan Daulasi Kelurahan Tafure, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, sekira pukul 12:30 WIT Sabtu (13/7/2019) terbakar. Kebakaran hebat ini ikut menghanguskan 4 kendaraan terdiri dari 1 mobil tangki dan 3 sepeda motor serta 1 mesin alkon yang berada di lokasi.

Informasi yang dihimpun KabarMalut, APMS Kompak milik UD Yuseda ini bermula saat tiga orang karyawan sedang melakukan pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) dari penampungan tangki ke dalam drum sebanyak 27 unit dengan menggunakan mesin alkon. Namun setelah mengisih sebanyak 25 drum, tiba-tiba muncul pencikan api dan menghanguskan selang stopper yang terpasang pada mesin alkon.

“Pengisian minyak dari tangki penampung ke dalam drum  sudah terisi sebanyak 25 drum, jelang pengisian drum ke 26, api langsung muncul dari selang stopper. Percikan api yang besar dari selang stopper menuju ke arah kami dengan kepanikan saya bersama rekan-rekan langsung bergegas lari dan sempat membawah selang stopper yang sudah terbakar api hingga api juga sempat menyambar tangan kanan saya,” ungkap Nyong.

Upaya pemadaman kebakaran di APMS Tafure Kota Ternate (Foto: Yasim/KabarMalut)

Karena posisi APMS berada di bibir pantai dan tiupan angin yang kencang, kobaran api dengan cepat ikut menghabuskan kendaraan serta benda lainnya yang berada dalam lokasi APMS.

“Api menyabar dengan cepat karena didalam ada minyak dan tiupan angin kencang,” terangnya.

Sebanyak 7 unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) milik Pemerintah Kota Ternate dibantu 1 unit water canon milik Polres Ternate membantu melakukan pemadaman.

“Satu 7 unit mobil kebakaran kami juga menerjunkan 40 personel untuk memadamkan kobaran api,” singkat Kepala Bidang (Kabid) Operasional Damkar Kota Ternate, Naim Safar.

Petugas Pemadaman Kebakaran Kota Ternate terus berupaya memadamkan kobaran api yang menghanguskan AMPS Tafure Kota Ternate (Foto: Yasim/KabarMalut)

Sementara itu Wakapolres Ternate, Kompol Jufri Dukomalamo mengatakan, kebakaran ini pihaknya mendapat informasi sekira pukul 13:12 WIT telah terjadi kebakaran di APMS yang ada Kelurahan Tafure.

“Setelah mendapat informasi kami langsung  mengarahkan 1 unit mobil water cenon untuk dapat membantu pemadam kebakaran,” tuturnya.

Ia juga menambhakan, kebarakan ini terbakar satu mobil tengki dan  tiga unit sepeda motor, untuk kerugian material berkisar Rp 1 miliar. Sementara penyebab kebakaran masih diselidiki penyidik.

“Sementara ini kami masih melakukan penyelidikan, alhamdulillah kejadian ini tidak ada korban jiwa,” ujarnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut