Pemkab Halsel Minta Kades Terkena Dampak Gempa Bumi Gunakan DD Tanggulangi Pengungsi 

  • Bagikan
Kepala DPMD Halmahera Selatan, Bustamin Soleman (Foto: Bud/KabarMalut)

LABUHA – Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 7,2 yang mengguncang sejumlah kecamatan di wilayah Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Provinsi Maluku Utara sekira pukul 18: 10 WIT Minggu (15/7) kemarin menyebabkan sejumlah rumah warga mengalami kerusak. Warga juga mengungsi ke pegunungan  tinggi khawatir terjadinya tsunami.   

Demi memenuhi kebutuhan pasokan makanan dan minuman selama di lokasi pengungsian, Pemerintah Kabupaten Halsel melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DMPMD) meminta kepada para Kepala Desa (Kades) yang terkena dampak gempa bumi, agar menggunakan Dana Desa (DD) untuk membantu warga yang membutuhkan pasokan makanan dan minuman.

“Dipersilahkan kepada seluruh Kepala Desa yang tenkena berdampak gempa bumi pergunakan Dana Desa untuk tanggap darurat dalam artian pembelian Sembako, air bersih dan kebutuhan lainnya,” ungkap Kepala DPMD Halsel, Bustamin Soleman ketika dikonfirmasi di halaman kantor Bupati Halsel, Senin (15/7/2019).

Sambung Bustamin, penggunaan DD untuk tanggap darurat diperboloh oleh aturan sebagaiman tercantum dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri)  nomor 16 tahun 2018 tentang Tanggap Darurat Bencana dari Dana Desa.

“Berkisar sekitar Rp 50 juta sampai Rp 100 juta bisa,” ujar Bustamin.

Sementara tim data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halsel hingga kini masih melakukan pendaat terkait kerusakan bangunan berupa rumah warga tempat ibadah dan bangun lainnya.

“Kami belum bisa keluarkan data kerusakan karena sementara tim kami masih melakukan verifikasi kerusakan di setiap desa yang terkena dampak gempa,” singkat Kepala BPBD Halsel, Djamil Efendi.

Untuk diketahui Kecamatan yang berdampak gempa bumi di wilayah Halsel, yakni Kecamatan Gane Barat, Gane Barat Selatan, Gane Timur Tengah, Gane Timur Selatan, Bacan Timur Tengah dan Bacan Timur Selatan. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut