Dikbud Ternate Siap Sanksi Kepsek Terima Murit Baru Tak Sesuai Zonasi

  • Bagikan
Kepala Dikbud Kota Ternate, Ibrahim Muhammad (Foto: Yunita/KabarMalut)

TERNATE – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Ternate Kota Ternate, bakal memberikan sanksi terhadap Kepala Sekolah (Kepsek) yang menerima murit baru tak sesuai zonasi. Penerimaan murit baru harus sesuai Permendikbud nomor  17 tahun 2017 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) TK, SD, SMP, SMA, SMK atau yang sederajat.

Kepala Dikbud Kota Ternate, Ibrahim Muhammad menjekaskan jika kedapatan ada sekolah yang menerima siswa di luar zonasi, maka Dikbud tak segan-segan memberi sanksi kepada Kepsek. Pasalnya pada saat Permen 51 tahun 2018 keluar ditambah dengan Perwali, Dikbud telah menetapkan kuota sesuai dengan kapasitas ketersedian ruangan di sekolah.

“Sebenarnya kepala sekolah itu tidak menerima siswa dari luar zonasi karena sistem tersebut kalau ada siswa yang mendaftar di luar zonasi pasti secara otomatis ditolak oleh sistem aplikasi. Sebab sistem aplikasi tersebut sudah terancang,” tutur Ibrahim saat diwawancara KabarMalut, Selasa (16/7/2019).

Sesuai Permen 51 tahun 2018 untuk kuota bervariasi dan untuk setiap rombongan belajar ditetapkan sebanyak 32 siswa dengan ketentuan SMP/SMA tidak bisa lebih dari 11 ruangan dan untuk SD tidak bisa melewati ketentuan 4 kelas atau kembali kepada ketersedian ruangan sekolah masing-masing.

Menurutnya, PPDB bertujuan untuk menjamin penerimaan peserta didik baru berjalan  secara objektif, akuntabel, transparan dan tanpa diskriminasi sehingga mendorong peningkatan akses layanan pendidikan. Penerapan sistem zonasi untuk memastikan tidak ada anak-anak yang tidak tertampung di sekolah.

“Zonasi diterapkan untuk memastikan tidak ada anak-anak yang tidak tertampung di sekolah, karena semua harus belajar dan juga zonasi itu mempermudah anak-anak dalam hal jangkauan,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut