Kapolda Malut Instruksi Seluruh Jajaran Turut Bantu Korban Gempa di Halsel

  • Whatsapp
Kapolda Maluku Utara, Brigjen Pol Suroto (Foto: Yasim/KabarMalut)

TERNATE – Kapolda Maluku Utara (Malut), Brigjen  Suroto menginstruksikan seluruh jajaran untuk turut membantu meringankan beban korban gempa bumi di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel). Bentuk partisipasi Polda dan jajaran dilakukan melalui bantuan fisik dengan mengirimkan personel ke lokasi terdampak gempa dan bantuan kebutuhan ekonomi korban.

Suroto mengatakan, dirinya telah memerintahkan kepada seluruh personel Polda dan jajaran untuk mengumpulkan dana berupa uang untuk membantu meringankan beban korban gempa.

Muat Lebih

“Hari ini terkumpul dan kami akan belikan apa-apa yang menjadi kebutuhan saudara-saudara kita di Halsel,” kata Suroto kepada wartawan, Selasa (16/7/2019).

Jenderal bintang satu itu mengaku turut prihatin atas musibah yang menimpa warga di Halsel.

“Sumbangan ini sukarela. Ini bentuk kepedulian kami,” sambung Suroto.

Selain itu, Kapolda juga telah memerintahkan Kapolres Halsel dan Kapolres Halteng untuk mendatangi lokasi-lokasi gempa termasuk di Kecamatan Joronga Desa Youmin dan di lokasi bencana di Gane Timur.

Saat ini, kata Kapolda, pihaknya juga sedang melakukan pendataan termasuk tingkat kerusakan, korban jiwa dan lain sebagainya. Hal itu dimaksudkan agar penanganan bencana itu dilakukan secara terpadu.

Bahkan, Polda Malut telah menerjunkan satu peleton personel Brimob dan satu peleton Sabhara serta Tim Trauma Healing dan Tim Kesehatan ke Halsel.

“Jadi apa yang bisa kami bantu itu akan kami bantu semaksimal mungkin,” ujar Suroto yang ikut bertolak ke Halsel.

Seluruh pihak diharapkan dapat memberi pemahaman kepada korban selamat yang rumahnya tidak rusak agar dapat kembali melakukan aktivitas seperti biasa, namun tetap waspada. (Ajo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *