Tim Satelit-FM Laporkan Hasil Survei Kebutuhan Petani Kao Barat ke Bupati Halut

  • Bagikan
Rapat Tim Satelit FM bersama Bupati Halmahera Utara, Frans Manery di Ruang Bupati Halut (Foto: Ronald/KabarMalut)

TOBELO – Usai melaksanaka  survie kebutuhan para petani di Kecamatan Kao Barat, Tim Satelit FM melaporkan hasil survei kepada Bupati Halmahera Utara (Halut), Frans Manery untuk ditindaklanjut. Penyampaian laporan hasil survei berlangsung di ruang metting Bupati, Selasa (16/7/2019).

Anggota Tim Satelit FM, Savaronov Talangamin menjelaskan survei yang dilakukan cara wawancara kepada masyarakat Petani Padi Kao Barat ini berlangsung mulai 3-14 Juli 2019, titik lokasi di Desa Margo Mulyo, Toliwang, Tolabit, Torawat, Sido Mulyo, Beringin Agung, Makarti, Soa Hukum, Sangaji Jaya dan Wonosari.

“Hasil yang diperoleh dari survei, masyarakat Petani Padi Kao Barat meminta fungsi sungai Ngebengon, sungai Tolabit , dan sungai Gumer perlu dioptimalkan sebagai sumber air irigasi atau pipanisasi melalui proses normalisasi sungai oleh dinas terkait dan harus menjadi prioritas di anggaran tahun 2020,” kata Savaronov dalam paparannya.

Selain itu, perlu adanya peningkatan kapasitas debit air sungai tersebut, dan produktifitas beras dapat di tingkatkan dari 2,9 ton/Ha meningkat menjadi 3,4 ton/Ha dengan menggunakan bibit, pupuk, obat-obatan berkualitas dan tepat kalender tanam.

“Yang menjadi permintaan para petani dari hasil wawancara dan survey,  perlu adanya perawatan dan penyediaan suku cadang alsintan yang dapat dilaksanakan melalui kerja sama dengan pihak ketiga,” jelasnya.

Dengan  adanya peningkatan animo petani lokal terhadap pertanian padi sawah dan kolam ikan air tawar, maka meminta untuk pengadaan kolam tanah, bibit, pakan dan obat-obatan, serta packing dan pemasaran beras yang belum memadai perlu dilakukan standarisasi lewat regulasi, serta pendampingan penyuluh sesuai kalender tanam perlu dioptimalkan.

Penanggung Jawab Tim Satelit-FM, Fredo Uktolseja dalam penjelasnya mengatakan,  terkait hasil kerja tim  dan kegiatan tim selalu berkordinasi dengan bupati sehingga apa yang menjadi hasil laporan hari ini bisa disampaikan dan dibahas bersama.

“Harapannya untuk menjadikan Kecamatan Kao Barat sebagai lumbung padi kabupaten Halut bisa terwujud,” singkatnya.

Sementara Bupati Halut Frans Manery, mengapresiasi hasil kerja Tim Satelit-FM  yang dimana telah berusaha untuk melakukan survei dan pendataan apa yang menjadi permasalahan bagi petani padi di Kao Barat.

“Saya berharap dan yakin penuh kedepan untuk menjadikan Kao Barat sebagai lumbung pangan Kabupaten Halut bisa diwujudkan,” harap bupati.

Turut hadir dalam rapat tersebut, Kepala Dinas Kominfo dan Persandian, Kadis Pertanian, Kadis PUPR dan Kadis Ketahanan Pangan. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER
error: Hak Cipta KabarMalut