PT PLN Ternate Bersama Yayasan Baitulmal PLN Induk Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Halsel

  • Bagikan
Pose bersama Kepala PT PLN (Persero) Ternate bersama tim Yayasan Baitulmal PLN Induk Pengembangan Maluku-Malut dan Koordinator Posko Bantuan Gempa Halmahera Selatan, Hasbi Yusuf (Foto: Yunita/KabarMalut)

TERNATE – PT PLN (Persero) Ternate salurkan bantuan logistik bagi warga korban gempa di Halmahera Selatan (Halsel). Bantuan tersebut merupakan gabungan dengan Yayasan Baitulmal PLN Induk Pengembangan Maluku – Maluku Utara yang disalurkan melalui Posko Bantuan Halsel.

Kepala PT PLN (Persero) Ternate, Gamal R Kambey menyampaikan turut berbelasungkawa atas musibah yang menimpah masyarakat Halsel.

“Ini merupakan rasa simpati PLN bagi para korban gempa, sehingga hari ini PLN Peduli Gempa menyalurkan bantuan logistik kepada warga Halsel guna mencukupi kebutuhan pangan mereka walau hanya seadanya saja,” kata Gamal kepada KabarMalut, Rabu (17/7/2019).

Berdasarkan hasil koordinasi dengan Sekda Halsel, lanjut Gamal, bantuan akan disalurkan menjadi dua tahap dan tahap pertama dilakukan hari ini, kemudian untuk tahap kedua dilakukan pada Jumat (19/7) yang terpusat di Bacan dan daerah sekitarnya.

“Bantuan ini langsung dikirim dengan menggunakan Kapal Ferry yang nanti terpusat di Posko Saketa, Gane Barat melalui Koordinator Posko Bantuan Gempa yang dikoordinator oleh Hasbi Yusuf,” tandasnya.

Logistik tahap pertama milik PLN yang sedang dimuat untuk dikirim ke korban Gempa Bumi di Halmahera Selatan (Foto: Yunita/KabarMalut)

Koordinator Posko Bantuan Halsel, Hasbi Yusuf yang ikut hadir pada penyerahan bantuan tersebut mengapresiasi gerakan peduli PLN bagi korban gempa. Menurut Hasbi, hal ini merupakan kontribusi yang baik bagi korban yang ada di Halsel.

“Selain PLN kami juga akan mengcover bantuan dari masyarakat, dan ada juga dari PMI dan relawan,” tuturnya.

Berdasarkan data asesment yang diterima, untuk sementara ini warga sangat membutuhkan makanan, selimut, tikar dan kebutuhan wanita serta bayi sehingga apa yang diberikan PLN sudah mencukupi kebutuhan para korban.

Sementara itu, Wakil Ketua Yayasan Baitulmal Induk Pengembangan Maluku-Maluku Utara, Muhiddin menyebutkan bahwa Yayasan Baitulmal PLN selalu ikut aktif dan sigap pada setiap musibah yang terjadi di Indonesia, baik yang di Palu, Papua, NTB dan saat ini di Halsel.

“Kami kumpulkan infaq dan sedekah dari setiap pegawai. Tahap pertama ini sekitar Rp 120 juta, dan ada susulan lagi, karena besok ada droping lagi dari pusat dan pasti akan lebih besar lagi sehingga bisa membelanjakan kebutuhan para korban,” pungkasnya.

Pada tahap pertama ini, PLN menyalurkan bantuan berupa beras 2,5 ton, air mineral kemasan sebanyak 150 kardus, minyak goreng 33 kardus, telur 2.000 butir, selimut 40 pak, terpal 40 unit, matras 40 buah, dan genset 5 unit.

Rencananya ditahap kedua akan ada tambahan bantuan makanan, matras, kebutuhan wanita dan bayi serta genset 10 unit. (PN/Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut