Dinas PUPR Tanggapi Temuan DPRD Ternate

  • Bagikan
Kepala Dinas PUPR Kota Ternate, Risval Tri Budiyanto (Foto: Istimewa)

TERNATE – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ( PUPR) Kota Ternate, menanggapi temuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) terkait realisasi anggaran proyek tidak sesuai progres pekerjaan. Terutama terkait anggaran proyek Sport Hall di Kelurahan Ubo-Ubo.

Kepala Dinas PUPR Kota Ternate, Risval Tri Budiyanto mengatakan pernyataan Wakil DPRD Kota Ternate Iqbal Ruray soal proyek Sport Hall diniali pekerjaanya belum mencapai 70 persen, seharusnya penilai tersebut tidak disimpulkan dengan hanya melihat secara kasat mata melainkan DPRD melihat data aitem pekerjaan, sehingga bisa mengetahui progress pekerjaan yang sesungguhnya.

“Saya kira terlalu dini jika DPRD harus melakukan kesimpulan yang begitu cepat secara kasat mata dan langsung menyimpulkan bahwa ini belum mencapai 70 persen target maksimal,” ucap Risval kepada KabarMalut di ruang kerjany, Kamis (18/7/2019) malam.

Menurutnya, Banggar DPRD harus melihat aitem per aitem yang tertuang dalam kontrak pekerjaan agar bisa menilai progres pekerjaan, bukan secara pandangan kasat mata saja langsung menyimpulkan. Sebab pekerjaan proyek Sport Hall progresnya sudah lebih dari 70 persen meski anggaranya belum mencapai 70 persen.

“Secara tekhnisnya atau bicara soal data yang kami punya sampai dengan tanggal ini progresnya menurut saya sudah mencapai 74 persen, sehingga dibilang kalau dibawah 70 persen namun pencairannya 70 persen itu kami agak keberatan,” tutur Risval.

Meski begitu, Dinas PUPR menganggap pernyataan DPRD adalah sebuah ihtiar bagi Dinas PUPR agar kedepan kinerjanya jauh lebih baik. Namun alangkah baiknya sebelum mengeluarkan pernyataan harus  disertai dengan bukti data, sehingga fungsi kontrol pengawasan ini jauh lebih falid di lapangan.

“Jka persepsi ini dengan hanya kasat mata, itu banyak orang juga persepsi yang berbeda-beda maka dari itu check and balance ini dilakukan sesuai dengan data yang ada,” terangnya.

Dinas PUPR sendiri rencanya Jumat (19/7) pagi akan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Banggaran DPRD. Pada kesempatan ini, Dinas PUPR akan sampaikan data-data progres pekerjaan proyek yang falid agar bisa diketahui bersama.

“Saya rasa pertemuan akan dilakukan besok, jadi kita siap untuk membawa data dan bagaimana kita bisa check and balance,” pungkasnya. (Am/Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut