Pembangunan Jalan Amburadul, Garda Minta Dinas PUPR Haltim Evaluasi Kontraktor

  • Bagikan
Aksi Garda Merah Putih di depan Kantor Dinas PUPR Halmahera Timur (Foto: Hasrul/KabarMalut)

MABA – Gerakan Pemudah Merah Putih Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) Provinsi Maluku Utara, menggelar aksi meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Haltim agar intensif dalam melakukan evaluasi maupun monitoring terhadap sejumlah kontraktor pekerjaan jalan di Kecamatan Maba Selatan maupun Maba Utara. Pasalnya jalan yang dibagun dinilai amburadul dan tidak berkualitas sehingga merugikan masayarakat maupun anggaran pembangunan yang bersumber dari APBD Haltim.

Kordinator Garda Merah Putih Haltim, Julfikar Karajan dalam orasinya mengakui bahwa pembangunan ruas jalan yang dilakukan kontraktor terkesan asal-asalan, hal itu sebagaimana fakta di lapangan yang menyusahkan sejumlah warga.

“Jalan yang baru dibagun tahun ini sudah rusak, ini karena kualitas jalan tidak baik dan pihak Dinas PUPR cenderung apatis dalam melakukan pengawasan di lapangan,” ungkap Julfikar di depan kantor Dinas PUPR Haltim, Senin (29/7/2019).

Dikatakan, minimnya kualitas pekerjaan jalan oleh pihak kontraktor selain merugikan keuangan daerah, juga berpotensi menjadi tingginya penyebab tingkat kecelakaan bagi pengguna jalan di Haltim.

“Kontraktor seperti Umar Bopeng itu harus dievaluasi karena pembangunan jalan yang dibuatnya sangat kacau balau dan banyak yang rendah kualitas,” tegasnya.

Diksempatan itu juga, Garda Merah putih meminta Kepala Dinas PUPR agar menjalankan kinerjanya secara baik dalam memberikan proyek kepada kontraktor, serta melaksanakan pengawasan lebih intensif karena lemahnya pengawasan berdampak buruk pada kualitas pekerjaan jalan.

“Kami juga meminta kepada Kepala Dinas PUPR agar bersinergis dan ikhlas dalam membangun Haltim, sebab jika tidak ikhlas maka kami meminta agar turun dari jabatan,” pintanya.

Sementara itu dalam hearing yang berlangsung, para peserta aksi yang berjumlah 7 orang langsung diterima oleh Sekretaris Dinas PUPR Haltim, Abdul  Gani didampingi dua  kepala Bidang.

“Kami akan tampung aspirasi saudara semua untuk kami sampaikan kepada Kadis karena beliau sementara di luar daerah,” singkat Abdul. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut