Temui Bupati Kepsul, Warga Sulabesi Timur Minta Tiga Poin Ini

  • Bagikan
Perwakilan warga Kecamatan Sulabesi Timur saat menemui Bupati Kepulauan Sula, Hendrata Thes (Foto: Ilham/KabarMalut)

SANANA – Puluhan warga yang berasal dari  beberapa desa di Kecamatan Sulabesi  Timur, Senin (05/8/2019), menemui Bupati Kepulauan Sula (Kepsul), Hendrata Thess meminta tiga poin ini ke Pemerintah Kabupaten Kepsul.

Massa yang dipimpin Amin Yakseb itu, sebelumnya bermaksud menggelar aksi menyoroti kinerja Camat Sulabesi  Timur sekaligus mendesak  Bupati segera penuhi tuntutan mereka. Dihadapan Bupati, tiga poin ini disampaikan warga yakni meminta Camat Sulabesi  Timur segera tinggalkan rumah adat yang  telah  dijadikan kantor Camat sekira lima tahun lamanya dan segera membangun kantor camat baru.

“Kami minta  Camat segera tinggalkan  rumah  adat yang  selama ini  dijadikan  kantor  Camat, karena hal-hal adat  sering  tidak bisa dijalankan, dan segera bangun ganti kantor  Camat  agar  tata kelola  administrasi tidak tumpang  tindih,” pinta  Amin  Yakseb  kepada Bupati Hendrata Thes di ruang kerja Bupati, Senin (5/8/2019).

Tidak hanya  soal Rumah  Adat,  warga juga meminta Bupati Hendrata segera membangun jembatan  air Baleha pada ibu kota Kecamatan Sulabesi Timur  di Desa  Baleha, karena sangat mengganggu akses masyarakat. Selain itu, terkait nasip siswa SMA di Kecamatan Sulabesi Timur yang kurang fasilitas pendidikan.

Menanggapi permintaan warga, Bupati Kepsul Hendrta Thes menyampaikan bahwa tuntutan tersebut sudah diakomodir,  diantaranya perencanaan  pembangunan kantor camat baru dan pembangunan jembatan.

“Kami sudah merencanakan pembangunan kantor  camat  di tahun  anggaran  2020 nanti,  kemarin  baru  belanja pembebasan lahan, dan  untuk jembatan kami sudah rancang  anggarannya untuk  tahun  2020 juga dengan total hingga capai Rp 20 miliar.  Sementara untuk pendidikan, nanti  Kadis Pendidikan segera berkoordinasi dengan Kominfo untuk mendapat  solusinya,” kata Hendrata.

Setelah mendapat informasi dari bupati, masa langsung membubarkan diri dengan tertib. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut