Bupati Haltim Geram, JCH Didominasi Orang Luar

  • Whatsapp
Jamaah Calon Haji asal Maluku Utara yang kini melaksanakan ibadah haji di tanah suci Arab Saudi (Foto: Istimewa)

MABA – Bupati Halmhara Timur (Haltim), Muhdin Ma’bud geram dengan pengelolaan haji di Haltim. Pasalnya kuota Jamaah Calon Haji (JCH) asal Haltim didominasi warga luar Haltim.

Muhdin mengatakan dirinya tidak setuju dengan pengelolaan jamaah haji di Haltim, karena sebagian dana yang dialokasikan untuk biaya embarkasi maupun uang saku JCH dan lainnya, justeru dinikmati warga luar Haltim.

Muat Lebih

“Yang saya kurang setuju itu soal jamaah haji, pemerintah daerah menanggung sedikit ongkos melalui berkas dan lain-lain, tetapi yang berangkat naik haji itu hanya sebagian kecil asli Haltim,” kata Muhdin kepada wartawan belum lama ini.

Atas permasalahan itu, bupati mengaku sudah melayangkan surat kepada Menteri Agama melalui Kanwil Kemenag Maluku Utara agar kondisi seperti itu tidak lagi terjadi.

“Saya komplain itu, tidak bisa begitu, anak-anak Pemda di situ, tetapi jamaah haji kita menjadi tidak prioritas,” katanya.

Terpisah, Kepala Bagian Kesra Setda Haltim, Suhendi dikonfirmasi, Selasa (6/8/2019, membenarkan hal tersebut, dimana dirinya mengaku jika apa yang di sampaikan bupati tersebut telah ditindaklanjuti.

“Jadi dari Kanwil sampaikan agar kedepannya para pendaftar bisa lebih selektif lagi, begitu juga Catatan Sipil dan Kepala Desa juga kami akan minta agar tidak mudah mengeluarkan surat domisili untuk membuat KTP, jadi semisalnya harus 2 tahun domisili dulu, seperti itu kira-kira,” singkatnya. (Ajo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *