TABG Ternate Bakal Tinjau Bangunan Publik

  • Bagikan
Kepala Dinas PUPR Kota Ternate, Risval Tri Budiyanto (Foto: Amri/KabarMalut)

TERNATE – Mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan bersama, Tim Ahli Bagunan Gedung (TABG) Kota Ternate bakal meninjau seluruh bangunan publik, baik milik pemerintah maupun swasta untuk memastikan tidak berpotensi mengancam keselamatan warga.

Kepala Dinas PUPR Kota Ternate, Risval Tri Budiyanto mengaku dalam waktu dekat Tim Ahli Bagunan Gedung (TABG) meninjau seluruh bangunan publik di Kota Ternate untuk memastikan tidak adanya potensi ancaman keselmatan.

Tinjauan bangunan publik difokuskan pada struktur bangunan seperti tangga darurat dan juga kolom bangunan yang tidak berada pada tempatnya, seperti teras bagunan yang kemudian tidak ada keseimbagan dan juga penongka atau tiang cor sebagai penahan beban yang memiliki dampak ancaman kepada orang banyak.

“Yang jelas ada TABG terkait dengan potensi bahaya menyangkut dengan konstruktur bangunan gedung, apalagi gedung yang diusut yang tidak memiliki keseimbagan penahanan bangunan,” kata Risval kepada KabarMalut saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (5/8/2019).

Risval  mengatakan, apabila menemui bangunan dinilai memiliki potensi dampak berbahaya, maka TABG merokomendasikan untuk diperbaiki agar benar-benar sesuai.

“TABG akan melakukan peninjauan di berbagai areal,” jelasnya.

TABG sendiri akan berkerja sesuai aturan dan dalam pengambilan keputusan nanti, tidak bisa diintervensi oleh siapapun.

“TABG terdiri dari personil PUPR satu orang, akademisi satu orang dan unsur profesi satu orang, selama ini bekerja dengan asas-asas berpatokan dalam undang-undang, ” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut