Dana KIP Haltim Tahap Pertama Mulai Cair

  • Bagikan
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Halmahera Timur, Beny Sutarman (Foto: Istimewa)

MABA –  Penerima dana Kartu Indonesia Pintar (KIP) tahap pertama tahun 2019 sudah mulai dicairkan ke masing-masing siswa yang ada di Halmahera Timur (Haltim) Provinsi Maluku Utara.

“Jadi sementara masih dalam proses pencairan oleh penerima di masing-masing sekolah,” kata Kepala Dinas Pendidikan Haltim, Beny Sutarman, Kamis (8/8/2019).

Penyaluran anggaran tersebut,  oleh pemerintah pusat langsung kepada penerima KIP yang meliputi siswa SD hingga SMP yang ada di Haltim.

“Sehinggga saat ini kita belum bisa pastikan penyalurannya sudah selesai atau belum, tetapi hampir sebagian besar sudah, karena pihak sekolah setelah menerima langsung mengirim bukti penerimaan melalui aplikasi yang setiap saat kita pantau,” ungkapnya.

Dikatakan, untuk penerima KIP sendiri tahun ini terbilang cukup banyak, pasalnya mencapai 2.066 penerima baik SD maupun SMP.

“Jadi dana yang diterima juga bervariasi, dimana siswa Kelas I dan VI per penerima mendapatkan sebesar Rp 255.000, Kelas II-V mendapatkan Rp 450.000 per triwulan,” jelasnya.

Bagitu pula untuk penerima di SMP, siswa Kelas VII dan VIII mendapatkan dana sebesar Rp 750.000, sedangkan untuk Kelas IX mendapatkan Rp 475.000 per triwulan.

“Kita juga terus melakukan pantauan penyalurannya, nanti kita akan ketahui pasti dua sampai tiga minggu kedepan,” terangnya.

Sementara itu, jika dalam penyaluran sebagian penerima belum terdistribusi, maka pihaknya akan mengambil langka untuk mengingatkan ke setiap sekolah agar secepaynya dicairkan.

“Jadi kita berharap agar generasi Haltim tidak ada alasan untuk putus sekolah atau tidak sekolah, karena pendidikan di Haltim semuanya gratis bagi peserta didik mulai dari SD hingga SMP,” pungkas Beny. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut