Festival Morotai, Omset Pendapatan Pedagang Meningkat

  • Bagikan
Para pedagang yang berjualan di lokasi acara Festival Morotai 2019 (Foto: Fizri/KabarMalut)

DARUBA – Festival Morotai 2019 menjadi hiburan bagi masyarakat yang datang. Para pedagang pun mendapatkan berkah dalam acara yang digelar selama tujuh hari tersebut.

Sejumlah pedagang Es Buah mengaku omset pendapatan meningkat dua kali lipat, sampai meraup omzet hingga Rp Rp 2.700.000 hanya dalam 6 hari pelaksanaan Festival Morotai 2019.

“Ya lumayan, biasanya sehari hanya dapat Rp 100-150 ribu, selama festival bisa capai Rp 300-400 ribu per hari. Tapi paling banyak hari ini, saya bisa dapat Rp 450 ribu. Semoga kegiatan seperti ini jangan hanya dilaksanakan setahun sekali, tapi harus setiap bulan,” harap Samina seorang pedagang Es Buah di lokasi Sail Morotai yang merupakan pusat pelaksanaan Festival Morotai 2019 kepada KabarMalut, Rabu (7/8/2019).

Nuni, seorang pedagang Nasi Kuning juga sependapat dengan Samina, yang mengaku omzetnya dalam acara tersebut melebihi ekspetasinya.

Ia tidak menyangka pengunjung yang datang ke Festival Morotai sangat banyak, apalagi di acara Tarian Adat Bambu Tada dan tarian kolosal yang dilaksanakan hari ini.

“Memang ramai sekali, banyak yang datang, baru jam 10:00 nasih kuning saya sudah laku samua. Andaikan kaya begini turus setiap hari, bisa dapat untung banyak,” katanya.

Terpisah, Riswan salah seorang pengunjung, mengaku bangga dengan kinerja Pemkab Pulau Morotai yang mampu menggelar acara Festival ini dengan luar biasa. Ia pun berharap pemerintah bersama pihak-pihak lain untuk sering mengadakan acara budaya seperti Festival Morotai 2019.

Karena, selain dapat melestarikan kebudayaan dan kesenian Indonesia, festival budaya juga dapat meningkatkan usaha para pelaku UMKM di Morotai.

“Pemerintah harus sering membuat acara seperti ini, jangan setahun sekali, biar semua senang. Pengunjung senang, pedagang senang,” ujar Amirullah. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut