Lurah Tobololo Serahkan Bantuan UMKM ke Masyarakat

  • Whatsapp
Pose bersama Lurah Toboko, Bakar Kasim dan Camat Ternate Barat, Fahmi Bassa Amin dengan penerima bantuan UMKM (Foto: Amri/KabarMalut)

TERNATE – Lurah Toboko, Kecamatan Ternate Barat, Bakar Kasim menyerahkan bantuan peralatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kepada sejumlah kelompok masyarakat dan karang taruna di Tobololo. Penyerahan bantuan disaksikan langsung Camat Ternate Barat, Fahmi Bassa Amin beserta Sekertaris Camat  di kantor Kelurahan Tobololo, Rabu (7/8) .

Lurah Tobololo, Bakar Kasim mengaku bantuan yang berasal dari Dana Kelurahan tersebut diberikan ke karang tanura UMKM yang bergerak di bidang perbengkelan, pangkas rambut, home industrik. Diberikan peralatan seperti, mesin kompresor, mesin pangkas rambut, terigu, minyak kelapa serta lainnya.

Muat Lebih

“Yang pertama bahwa berbagi UMKM ini sudah jelas sangat membantu pihak masyarakat Tobololo seperti perbengkelan ini sangat penting bagi pemuda karang taruna dan masyarakat agar tidak perlu kita harus lari ke kelurahan sebelah untuk mencari bengkel, terus pangkas rambut juga sangat penting bagi masyarakat namun, pengelolah pangkasnya harus dijaga sehingga ada pemasukan- pemasukan dari hasil kreatif memangkas rambut,” kata Bakar kepada KabarMalut, Kamis (8/8/2019).

Sementara untuk kelompok masyarakat, diberikan bantuan berupa mesin pangkas rumput, pupuk pertanian dan juga jenis bantuan lainya yang menjadi kebutuhan masyarakat.

“Mesin pangkas rumput penting sekali untuk menjaga lingkungan bahu jalan, sehingga kami berikan mesinnya kepada RT/RW , agar setiap kerja bakti mereka bisa melakukan pembersiahan yang mungkin sudah terlihat rumputnya yang tidak terawat akan segera dipangkas,” jelasnya.

Menurutnya, dari sekian banyak jenis UMKM sangat penting dan membantu masyarakat, karena berdasarkan usulan masyarakat terkait dengan bantuan kelurahan.

“Dengan adanya bantuan seperti ini dapat mempermudah semua kebutuhan-kebutuhan yang sudah seharusnya mereka pergunakan dan mengelolah dengan baik ” harap Bakar.

Lurah Bakar berjanji  jika hasil bantuan yang telah diberikan kepada masyarakat dikelolah dengan baik dan benar, kedepan akan diupayahkan untuk penambahan bantuan, terutama yang menyangkut dengan home industri.

Terpisah, Camat Ternate Barat, Fahmi Bassa Amin mengatakan penyerahan bantuan tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat Tobololo, sehingga diharapkan dapat membantu para masyarakat terutama tergabung dalam kelompok masyarakat dan karang taruna di Tobololo.

“Sudah jelas bahwa dengan adanya bantuan seperti ini dapat mempermudahkan semua urusan-urusan masyarakat berdasarkan apa yang mereka lakukan, apa lagi dengan adanya UMKM akan lebih baik lagi,” singkat Fahmi. (Ajo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *