518 Mobil Angkutan Umum Lintas Halmahera Berplat Hitam

  • Whatsapp
Direktur Lalu Lintas Polda Maluku Utara, Kombes Pol Abrianto Pardede (Foto: Yasim/KabarMalut)

TERNATE – Direktorat Lalu Lintas (Dit-Lantas) Polda Maluku Utara, mencatat sebanyak 518 unit mobil angkutan umum lintas Halmahera, hingga kini masih didominasi berplat hitam. Angkutan tersebut akan ditindak jika mulai tahun 2020 tidak menggantik plat dari hitam ke kuning.

“Trayek lintasan jalur Halmahera yang ada di data kami sebanyak 987 unit, plat kuning 469 unit atau 48 persen, plat hitam 518 unit atau 52 persen. Jadi masih didominasi plat hitam,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Maluku Utara, Kombes Pol Abrianto Pardede kepada wartawan, Jumat (9/8/2019).

Muat Lebih

Menurut Abrianto, Dinas Perhubungan (Dishub) mengakui masih banyak angkutan umum menggunakan plat hitam ini menimbul masalahan. Sehingga Polisi akan secepatnya menertipkan angkutan tersebut dan mulai tanggal 1 Januari 2020 sudah harus berplat kuning.

“Sampai saat ini driver trayek ada yang sudah merubah dari plat hitam ke kuning, waktu terakhir di bulan Januari 2020 dan kami bakal adakan razia gabungan di tanggal tersebut,” tegasnya.

Polda Maluku Utara juga berharap Dinas Perhubungan di kabupaten masing-masing untuk terus mengsosialisasi kewajiban pergantian plat angkutan umum dari hitam ke kuning ini. Selain itu, angkutan umum juga diminta untuk tidak menggunakan kaca riben.

“Kami juga akan tertibkan angkutan umum yang menggunakan kaca riben atau berwarna hitam, dan saya sudah perintahkan para Kasat Lantas untuk berpatroli sampai ke jalur batas wilayah masing-masing,” pungkasnya. (Ajo)

Pos terkait