Pilih Kasih Melayani Masyarakat, Lurah Moti Kota Didemo

  • Whatsapp
Massa aksi saat heraring dengan Sekda Kota Ternate, M Tauhid Soleman (Foto: Amri/KabarMalut)

TERNATE – Sejumlah massa yang tergabung dalam Solidaritas Mahasiswa Peduli Kampoeng (SMPK), menggelar   demo di depan Kantor Walikota Ternate, sebagai bentuk protes terhadap sikap Lurah Moti Kota, Kecamatan Moti, Ahmad Yasin yang dinilai pilih kasih dalam melayani masyarakat.

Massa aksi meminta Pemerintah Kota Ternate memberikan sanksi terhadap Lurah Moti Kota, Ahmad  Yasin yang   tidak bertanggung jawab melaksanakan tugasnya atas pelayanan kepada masyarakat. Sebab banyak warga Moti Kota mengeluhkan sulitnya mendapat surat keterangan dari kelurahan jika diminta untuk melengkapi persyarakat anak-anak mereka melanjutkan studi.

Muat Lebih

Korlap Aksi, Isnain Hamim meminta Pemerintah Kota Ternate segera memanggil Lurah Moti Kota agar diberikan teguran dan bimbingan terkait pelayanan. Masyarakat mengeluh dengan proses pelayanan yang dilakukan oleh Lurah Ahmad Yasin, dimana beberap anak sekolah yang hendak melanjuti studi di salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Kota Ternate, ketika meminta surat keterangan untuk memenuhi persyaratan pendaftara tapi tidak didapat.

“Bahkan berulang-ulang kali (meminta surat keterangan) tetapi dari pihak lurah tersebut selalu buat alasan  yang sama, kalau masyarakat yang tidak mengikuti Dana Sehat maka surat keterangan tidak dibuat,” kata Isnain kepada wartawan, Jumat (9/9/2019).

Menurut Isnain, alasan Lurah ini tidak rasional karena Dana Sehat dan Surat Keterangan merupakan dua masalah yang berbedah. Dana sehat sifatnya tidak wajib bagi masyarakat yang mau ikut, sementara proses pelayanan terhadap masyarakat menjadi kewajiban lurah.

“Apakah memang ada SOP dari kelurahan harus ikut dana sehat baru bisa diberikan surat keterangan, sehingga alasan Lurah seperti itu,” terangnya.

Massa aksi berharap Pemerintah Kota Ternate segerah memanggil Ahmad Yasin dan berikan teguran sekaligus  bimbingan. Sehingga bisa paham fungsi tugas dan tanggungjawabnya melayani masyarakat yang harusnya dipermudah, bukan membatasi dan berikan alasan yang tidak masuk akal.

Para pendemo kemudian ditemui Sekda Kota Ternate, M Tauhid Soleman untuk dilakukan hering guna mendengarkan tuntutan mereka.

Terpisah, Sekda Kota Ternate M Tauhid Soleman B mengatakan dari hasil hearing terkait dengan keluhan masyarakat Moti Kota, pihaknya akan memanggil Lurah tersebut untuk dimintai penjelasan.

“Kami akan memanggil Lurah Moti Kota pada hari Senin nanti untuk memperjelaskan masalah-masalah terkait dengan keluhan masyarakat,  yakni pelayananan, sehingga masalah tersebut dapat diselesaikan dengan baik,” singkatnya. (Ajo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *