Maret 2020, BPS Terapkan Sensus Penduduk Secara Online

  • Whatsapp
Kepala BPS Provinsi Maluku Utara, Atas Perlindungan Lubis (Foto: Istimewa)

TERNATE – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku Utara, merencanakan mulai Maret tahun 2020, sensus penduduk akan dilakukan secara online. Menyambut rencana tersebut, BPS kini menyiapkan seluruh kesiapa untuk mensukseskan sensus online.

Kepala BPS Provinsi Maluku Utara, Atas Perlindungan Lubis menyebutkan dalam waktu dekat ini BPS punya kegiatan besar yang sudah dipersiapkan sejak 4 bulan terakhir. Karena rencananya bulan Maret 2020 sensus penduduk secara online akan dimulai.

Muat Lebih

“Jadi sejak dari sekarang BPS di seluruh Indonesia sudah mulai mensosialisasikan supaya keterlibatan masyarakat untuk melakukan aktif mandiri terhadap data kependudukanya,” kata Lubis saat diwawancara wartawan, Rabu (14/8/2019).

Lubis menyebutkan tanpa partisipasi masyarakat yang aktif metode sensus penduduk online tidak akan terlaksana dengan baik. Persiapan-persiapan yang lebih masif terus dilakukan, dengan harapan mulai Maret 2020 semuanya sudah berjalan dengan baik.

“Di bulan Maret dan April itu sebenarnya sebagian pelaksanaan sensus penduduk secara keseluruhan dan itu nanti akan dilanjutkan lagi pada bulan Juni-Juli. Pasalnya bulan tersebut di seluruh Indonesia akan melakukan pendataan secara langsung,” tuturnya.

Instrumen yang digunakan pada tahun 2020 untuk daerah-daerah yang akses komunkasinya baik akan menggunakan elektronik. Sedangkan untuk daerah yang jaringan komunikasi kurang baik akan menggunakan kuissioner yang nantinya hasil akhir akan diolah di komputer.

Dirinya berharap kedepan Provinsi Maluku Utara,  partisipasi masyarakat untuk memberikan data yang sebenarnya selalu menjadi prioritas utama. Pasalnya data itu bersumber dari masyarakat.

“Jika masyarakat tidak memberikan data yang sesungguhnya, maka apa yang dikumpulkan BPS itu akan sia-sia,” pungkasnya. (Ajo)

Pos terkait