Nelayan Haltim Dapat 187 Kartu Asuransi

  • Bagikan
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Haltim, Asmar Daud (Foto: Istimewa)

MABA – Nelayan Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) kembali mendapatkan Kartu Asuransi Plus Kartu Pelaku Usaha Perikanan atau (KUSUKA) dari Pemerintah Pusat.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Haltim, Asmar Daud melalui staf operator Dinas Perikanan Haltim, Siti Zakiah Wahab menyebutkan, di tahun sebelumnya nelayan sudah menerima Asuransi tercatat 300 lebih dan tahun ini nelayan di Haltim kembali menerima 187 asuransi.

“Kartu Asuransi ini sebagai jaminan keselamatan dalam melakukan usaha kelautan dan perikanan,” kata Siti saat dikonfirmasi, Kamis (15/8/2019).

Menurutnya, kartu asuransi nantinya diklaim di Jasindo, sementara untuk prosedur klaim kartu asuransi terlebih dahulu harus mendapatkan surat pengantar dari Kepala Desa, Kepolisian serta Pemerintah Daerah setempat melalui Dinas Kelautan dan Perikanan.

“Dengan adanya asuransi ini diharapkan menjadi motivasi bagi para nelayan agar terus semangat,” harap Siti.

Selain itu, kata Siti, nelayan Haltim juga bakal mendapatkan kartu KUSUKA, sebagai tanda pengenal seorang nelayan maupun pelaku usaha di bidang kelautan dan perikanan, karena sekarang yang bisa mendapatkan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan itu harus mengantongi Kartu KUSUKA.

“Dua hari lalu kami berkonsultasi dengan pihak Bank BNI terkait pembuatan buku tabungan bagi nelayan,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut