Bank Indonesia Perwakilan Maluku Utara Launching QRIS

  • Bagikan
Kepala Bank Indonesia Perwakilan Maluku utara, Gatot Miftahul Manan saat menyampaikan sambutan Launching QRIS (Foto: Yunita/KabarMalut)

TERNATE – Bank Indonesia Perwakilan Maluku Utara memperkenalkan aplikasi terbaru QR Code Indonesia Standard (QRIS) yang berlangsung di aula Maitara  Bank Indonesia, Senin (19/8/2019). QRIS merupakan standar QR Code sistem pembayaran untuk Indonesia yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI).

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Maluku Utara, Gatot Miftahul Manan menyampaikan bahwa QRIS sebelumnya sudah dilaunching secara internal Bank Indonesia pada 17 Agustus 2019 lalu. Bank Indonesia mendukung pembayaran menggunakan QR Code, pasalnya inovasi teknologi berkembang cukup pesat pada berbagai aspek ekonomi digital, termasuk sektor pembayaran.

Menurutnya, untuk mewujudkan visi sistem pembayaran Indonesia 2025, diperlukan dukungan inovasi bagi pengembangan ekonomi dan keuangan digital.

“Salah satu inovasi yang berkembang dan mulai banyak digunakan adalah layanan pembayaran digital berbasis QR Code,” kata Gatot.

Gatot juga menambahkan bahwa dengan QR Code, Bank Indonesia melihat manfaat cara pembayaran tersebut, untuk mendorong efisiensi perekonomian, mempercepat keuangan inklusif dan memajukan UMKM.

“Dengan satu QR Code, penyedian barang dan jasa (merchant) tidak perlu memiliki berbagai jenis QR Code dari berbagai penerbit,” tutur Gatot. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut