Pilkades Serentak di Haltim Digelar 2020

  • Bagikan
Kepala BP4D Halmahera Timur, Ricky Chairul Richfat (Foto: Hasrul/KabarMalut)

MABA – Meski masa jabatan sejumlah Kepala Desa (Kades) di wilayah Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) telah berakhir pada 5 Juni 2019 lalu. Pemerintah Kabupaten Haltim belum melaksanakan tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak dan mengagendakan bakal berlangsung tahun 2020.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D) Haltim, Ricky Chairul Richfat mengatakan dalam rancangan APBD Perubahan yang kini sedang dibahas bersama DPRD tidak dicantumkan item anggaran pelaksanaan Pilkades, karena sudah disepakati untuk dilaksanakan pada 2020 mendatang.

“Kita melihat belum terlalu prioritas sehingga kita agendakan di tahun 2020,” ungkap Ricky kepada wartawan, Kamis (29/8/2019).

Dalam rancangan APBD Perubahan 2019, lebih memprioritaskan program yang sifatnya mendesak. Karena itu, anggaran untuk Pilkades serentak akan dialokasikan pada APBD induk tahun 2020 mendatang yang juga dibahas dalam waktu dekat.

“Untuk kepastian pelaksanaan Pilkades belum diketahui secara pasti, tapi yang jelas dilaksanakan di tahun 2020,” jelasnya sembari mengaku ada sekitar 30 desa yang bakal gelar Pilkades.

Ditegaskan, dalam APBD perubahan 2019 yang rencananya disahkan DPRD pada akhir September mendatang ini, untuk hajatan demokrasi di desa hanya mengakomodir pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Desa Waci Kecamatan Maba Selatan dan Desa Jikomoi.

“Sebab tahapan PSU ini hanya membutuhkan anggaran Rp 100 juta lebih,” terangnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut