30 Panwaslucam Resmi Dibubarkan, Bawaslu Halsel Beri Santunan PTPS Meninggal Dunia

  • Bagikan
Ketua Bawaslu Halmahera Selatan, Kahar Yasim saat memberikan santunan kepada keluarga PTPS yang meninggal dunia saat bertugas pada Pemilu 2019 lalu (Foto: Istimewa)

LABUHA – Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwaslucam) di 30 Kecamatan Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) resmi dibubarkan. Pembubaran 30 Panwaslucam ini dihadiri langsung Koordinator Daerah (Korda) Halsel Bawaslu Malut, Fahrul Abdul Muid sekaligus pemberian santunan kepada salah satu keluarga Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) yang meninggal saat menjalankan tugas pada Pemilu 2019 lalu.

Korda Bawaslu Malut, Fahrul Abdul Muid menjelaskan Panwaslucam dibentuk pada saat adannya pelaksana Pemilu yang sudah dilaksanakan pada bulan April 2019. Sehingga berdasarkan Undang-Undang nomor 7 tahun 2017  tentang Pemilu bahwa, setelah Pemilu berlangsung Panwaslucam harus dibubarkan.

“Ini karena perintah Undang-Undang Pemilu. Jadi, Panwaslu Kecamatan ini sifatnya ad hoc,” ungkap Fahrul kepada wartawan, Kamis (29/8/2019).

Pembubaran Panwaslucam ini juga dalam rangka adanya kepastian hukum, saat ini penyelengara pengawasan di tingkat kecamatan, di tingkat desa maupun di tingkat TPS sudah tidak ada lagi. Pada saat dibubarkan masing-masing anggota dan Ketua Panwaslucam diberikan penghargaan berupa piagam sebagai bentuk apresiasi Bawaslu Malut terhadap kinerja Panwaslucam selama mengawal jalannya Pemilu 2019.

“Sekaligus mereka diberikan piagam sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan mereka terhadap kinerja mereka selama ini sebagai Pengawas Pemilu di tingkat kecamatan,” cetusnya.

Sementara Ketua Bawaslu Halsel, Kahar Yasim menambahkan selain pemberian piagam penghargaan kepada Pengawas ad hoc Panwascam, PPL dan PTPS, kegiatan tersebut jugaa dirangkaikan pemberian santunan sebesar Rp 36.000.000 kepada keluarga  penyelenggara yang meninggal pada saat menjalankan tugas pengawasan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua jajaran pengawas ad hoc yang telah membantu menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2019,” singkat Kahar.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut