Bangun Dapur Sehat dan Pagar  Desa, Dua Mantan Kades di Morotai Berhutang Hingga Sekarang

  • Bagikan
Pebuatan Batako di Desa Sangowo Induk (Foto: Istimewa)

DARUBA – Dua mantan Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Morotai Timur, Kabupaten Pulau Morotai, diketahui hingga kini masih berhutang pada salah satu pengusaha batako, saat mengerjakan Dapur Sehat dan Pagar  Desa pada tahun 2017 silam.  Kadua mantan Kades yakni Kades Sambiki Baru, Rinis Sikuda dan Kades Hino Barack Ngato, didesak pengusaha batako Desa Sangowo Induk untuk segera melunasi hutang sebesar Rp 20 juta tersebut.

Salah satu Pengusaha Batako  di Desa Sangowo Induk, Fadli Wahab mengaku kedua mantan Kades saat masih menjabat pada tahun 2017 silam, telah mengambil ribuan batako untuk pembangunan dapur sehat dan pagar desa. Namun setelah pekerjaan atau program tersebut selesai didikerjakan, hutang batako tidak dibayar hingga masa jabatan mereka berakhir.

“Jadi hutang batu tela milik kedua desa ini sejak tahun 2017, dengan rincian yaitu Desa Sambiki Baru Rp 13 juta dan Desa Hino Rp 7 juta,” ungkap Fadli kepada wartawan, Rabu (4/9/2019).

Hutang yang dilakukan kedua mantan Kades telah ditagih secara berulang-ulang kali. Namun hanya janji yang didapat tanpa ada penyelesaian.

“Jadi soal hutang kedua desa ini, kami sudah berulang-ulang kali melakukan koordinasi dengan kedua mantan Kades, tetapi mereka mengatakan bahwa setelah anggaran desa cair baru diselesaikan. Namun setelah pencarian selesai utang tidak juga dibayar sampai sekarang,” tegas Fadli.

Sementara itu, mantan Kades Sambiki Baru dan mantan Kades Hino hingga berita ini naik tayang belum bisa dikonfirmasi.  (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut